Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Warna Cat Dinding Ini untuk Kamar Tidur

Kompas.com - 13/09/2021, 07:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat dinding kamar tidur bukan hanya soal estetika. Penting juga mempertimbangkan bagaimana warna cat dinding bisa membantu Anda tidur nyenyak.

Sue Peacock, seorang psikolog spesialis tidur yang berbasis di Inggris mengatakan bagaimana tampilan ruangan dapat secara langsung memengaruhi perasaan Anda.

"Warna dapat memengaruhi Anda secara psikologis, termasuk kemampuan Anda untuk tidur," kata Peacock seperti dikutip dari Apartment Therapy, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Warna Cat dan Ide Dekorasi yang Membuat Suasana Hati Lebih Tenang

"Beberapa warna dapat membangkitkan relaksasi, sementara yang lain merangsang pikiran Anda dan membuat Anda lebih terjaga," imbuh Peacock.

Sementara warna-warna tertentu mungkin selaras dengan prinsip-prinsip psikologis untuk mendorong istirahat, tidak semua orang merespons warna dengan cara yang sama. Misalnya, menurut Tamra Fuscaldo, direktur desain interior di M+A Architects, individu yang memiliki keragaman saraf dapat memproses warna yang lebih keras dengan lebih intens, dengan cara yang merangsang sistem saraf otonom.

Tubuh dan pikiran Anda unik, dan hal yang harus menjadi tujuan adalah memilih warna yang terasa menenangkan bagi Anda secara individual.

"Sangat penting untuk memikirkan kamar tidur sebagai 'ruang perlindungan', di mana kita merasa aman dan terlindungi," jelas Fuscaldo.

Baca juga: Sedang Mencari Warna Cat? Ikuti Tips Psikologi Ini

Hindari warna cat dinding ini untuk kamar tidur

Sebagai aturan praktis, para ahli percaya bahwa yang terbaik adalah menghindari warna yang terlalu cerah di kamar tidur, termasuk merah dan oranye.

Menurut psikolog tidur Katherine Hall dari Somnus Therapy, otak mengasosiasikan warna merah dengan intensitas, gairah, perang, dan bahaya, yang tidak sepenuhnya kondusif untuk tidur.

“Penelitian menunjukkan bahwa warna merah dapat meningkatkan naluri bertarung atau lari Anda, membuat Anda lebih waspada dan sadar akan lingkungan sekitar Anda,” papat Peacock.

Demikian pula, Peacock mengatakan warna pink cerah atau neon dan ungu juga mungkin terlalu merangsang saat Anda ingin tidur. Meskipun abu-abu gelap dan cokelat mungkin terasa nyaman pada awalnya, Peacock mengatakan warna itu dapat membangkitkan perasaan tidak pasti yang mungkin membuat sulit tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com