Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Warna Cat Dinding Ini untuk Kamar Tidur

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat dinding kamar tidur bukan hanya soal estetika. Penting juga mempertimbangkan bagaimana warna cat dinding bisa membantu Anda tidur nyenyak.

Sue Peacock, seorang psikolog spesialis tidur yang berbasis di Inggris mengatakan bagaimana tampilan ruangan dapat secara langsung memengaruhi perasaan Anda.

"Warna dapat memengaruhi Anda secara psikologis, termasuk kemampuan Anda untuk tidur," kata Peacock seperti dikutip dari Apartment Therapy, Senin (13/9/2021).

"Beberapa warna dapat membangkitkan relaksasi, sementara yang lain merangsang pikiran Anda dan membuat Anda lebih terjaga," imbuh Peacock.

Sementara warna-warna tertentu mungkin selaras dengan prinsip-prinsip psikologis untuk mendorong istirahat, tidak semua orang merespons warna dengan cara yang sama. Misalnya, menurut Tamra Fuscaldo, direktur desain interior di M+A Architects, individu yang memiliki keragaman saraf dapat memproses warna yang lebih keras dengan lebih intens, dengan cara yang merangsang sistem saraf otonom.

Tubuh dan pikiran Anda unik, dan hal yang harus menjadi tujuan adalah memilih warna yang terasa menenangkan bagi Anda secara individual.

"Sangat penting untuk memikirkan kamar tidur sebagai 'ruang perlindungan', di mana kita merasa aman dan terlindungi," jelas Fuscaldo.

Hindari warna cat dinding ini untuk kamar tidur

Sebagai aturan praktis, para ahli percaya bahwa yang terbaik adalah menghindari warna yang terlalu cerah di kamar tidur, termasuk merah dan oranye.

Menurut psikolog tidur Katherine Hall dari Somnus Therapy, otak mengasosiasikan warna merah dengan intensitas, gairah, perang, dan bahaya, yang tidak sepenuhnya kondusif untuk tidur.

“Penelitian menunjukkan bahwa warna merah dapat meningkatkan naluri bertarung atau lari Anda, membuat Anda lebih waspada dan sadar akan lingkungan sekitar Anda,” papat Peacock.

Demikian pula, Peacock mengatakan warna pink cerah atau neon dan ungu juga mungkin terlalu merangsang saat Anda ingin tidur. Meskipun abu-abu gelap dan cokelat mungkin terasa nyaman pada awalnya, Peacock mengatakan warna itu dapat membangkitkan perasaan tidak pasti yang mungkin membuat sulit tidur.

Warna cat dinding yang disarankan untuk di kamar tidur

Sementara preferensi pribadi tentu berperan dalam apa yang akan membantu Anda bersantai sebelum tidur, ada satu warna yang menonjol di atas yang lain jika tujuan Anda tidur nyenyak adalah biru.

“Tidak hanya lebih redup, tetapi warna biru juga cenderung memiliki efek lebih menenangkan pada otak,” terang Peacock.

Misalnya, biru telah ditunjukkan dalam penelitian untuk mengurangi pernapasan dan detak jantung, yang sangat bagus untuk tertidur.

Peacock menyarankan untuk tetap menggunakan warna biru yang lebih muda di dinding kamar untuk efek terbaik yang mendorong tidur.

Adapin menurut Hall, biru muda secara ilmiah dikaitkan dengan menciptakan perasaan tenang dan tenteram.

“Penelitian juga menunjukkan bahwa rumah tangga dengan kamar tidur biru memiliki kualitas tidur yang paling baik dibandingkan dengan warna lain,” ujar dia.

Adapun warna selain biru yang dapat dipilih adalah warna hijau. Sebab, hijau dapat mengingatkan pada alam dan menurut Peacock dapat membuat Anda berada dalam suasana hati yang santai.

Pilih warna hijau sage yang lembut dan alami untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak, atau pilih opsi biru-hijau untuk menggabungkan ketenangan seperti laut dengan nuansa alami tersebut.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/13/072200076/hindari-warna-cat-dinding-ini-untuk-kamar-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke