Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menyiram Tanaman Bonsai agar Tidak Layu dan Tumbuh Subur

Kompas.com - 07/10/2021, 17:54 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Bonsai merupakan tanaman yang populer sebagai tanaman hias. Selain karena memiliki keterkaitan dengan feng shui, tanaman ini juga memiliki bentuk yang unik.

Bonsai memiliki tampilan yang kerdil dan mungil dari tanaman aslinya. Meskipun berbentuk mungil, tanaman ini sudah menumbuhkan daun, bunga dan batang seperti tanaman dewasa pada umumnya.

Jika kamu ingin mengoleksi bonsai, mungkin kamu bertanya-tanya mengenai perawatan dan penyiraman yang sebaiknya dilakukan agar bonsaimu tidak mati.

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Bonsai untuk Pemula

 

Sebaiknya berikan air yang cukup dan hindari membuat tanah bonsai kering karena berakibat fatal pada pertumbuhannya.

Melansir dari Bonsai Empire, Kamis (7/10/2021), berikut ini tips menyiram bonsai agar tanaman tumbuh subur dan sehat.

Siram saat tanah agak kering

Agar tanaman bonsai tumbuh sehat, pastikan untuk tidak menyiramnya saat tanah masih basah. Namun jangan pula menyiram saat tanah sudah sangat kering dan pohon kekurangan air.

Sebagai pemula kamu bisa menggunakan jari untuk mengecek kelembaban tanah dengan memasukkan tangan sedalam 1 cm kedalam media tanam.

Jika agak kering segera siram pohon bonsai. Seiring berjalan nya waktu kamu akan semakin paham kapan waktu yang tepat untuk menyiram bonsai.

Baca juga: 5 Manfaat Menambahkan Bonsai ke Dalam Rumah

Jangan menyiram secara rutin

Bonsai terdiri dari berbagai jenis tanaman dikerdilkan. Berbagai jenis tanaman ini juga memerlukan kadar air yang berbeda-beda.

Daripada menyiram seluruh bonsai secara rutin, sebaiknya lakukan penyiraman sesuai dengan keadaan masing-masing tanaman. Amati masing-masing pohon dan berikan air secukupnya.

Baca juga: 7 Manfaat Luar Biasa Meletakkan Tanaman Bonsai di Rumah

Pemilihan tanah yang tepat

Bonsai tak hanya menyempurnakan estetika tetapi juga memberikan kesan harmoni pada sebuah ruangan.PIXABAY/KIAN2018 Bonsai tak hanya menyempurnakan estetika tetapi juga memberikan kesan harmoni pada sebuah ruangan.

Pemilihan tanah mempengaruhi seberapa sering pohon perlu disiram. Sebagian besar bonsai dapat tumbuh subur di campuran batu akadama, batu apung dan batuan dari gunung api dengan rasio 1/2 atau 1/4.

Namun jika kamu tidak bisa menyiramnya secara teratur, kamu bisa memilih campuran tanah yang bisa menahan lebih banyak air dengan menggunakan lebih banyak akadama dan kompos.

Baca juga: Simak, Cara Membuat Bonsai Kelapa

Waktu penyiraman

Tidak ada waktu yang menjadi patokan untuk menyiram bonsai, kamu bisa menyiramnya kapan saja bila diperlukan.

Beberapa ahli menyarankan untuk tidak menggunakan air dingin saat tanah sedang hangat terkena sinar matahari karena akan mendinginkan pohon.

Baca juga: 3 Cara Menyiram Tanaman Hias Saat Ditinggal Bepergian

Siram hingga air keluar melalui lubang drainase

Jika kamu sudah memutuskan untuk menyiram bonsai karena tanahnya kering, berikan cukup air agar seluruh sistem akar terkena air secara menyeluruh.

Terus siram hingga air keluar melalui lubang drainase, kamu bisa mengulang prosesnya beberapa menit kemudian.

Baca juga: Panduan Menyiram Anggrek dengan Air Ledeng

Penyiraman bonsai hias di dalam ruangan

Jika kamu menyimpan bonsai di dalam ruangan, letakkan bonsai di wastafel lalu siram hingga air keluar melewati lubang drainase.

Air terbaik yang digunakan untuk menyiram bonsai adalah air hujan karena tidak mengandung bahan kimia tambahan. Namun jika tidak tersedia kamu juga bisa menyiramnya dengan air keran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com