Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warna Dinding yang Bikin Ruangan Tampak Lebih Luas

Kompas.com - 05/10/2021, 08:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah kecil tentu membuat kita tidak memiliki banyak pilihan untuk membuat ruangan tampak lebih luas. Namun demikian, warna cat dinding yang Anda pilih ternyata bisa menjadi ilusi mata untuk membuat ruangan tampak lebih luas.

Selain meminimalisir kondisi berantakan agar garis visual tidak terganggu, memilih warna cat dinding yang lebih terang akan sangat membantu memperluas ruangan secara visual dan membuat ruangan tidak terasa sempit.

"Warna terang dan cerah membuat ruang lebih reflektif, memaksimalkan cahaya alami di dalam ruangan, sementara warna cerah juga memiliki kemampuan untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih besar," kata desainer interior Abbe Fenimore dari Studio Ten 25 seperti dikutip dari Homes to Love, Selasa (5/10/2021).

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Perubahan Warna Cat Dinding

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat dinding abu-abu. UNSPLASH/SOPHIA KUNKEL Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat dinding abu-abu.

"Saat menggunakan warna terang dan cerah, cat trim dan pintu dengan warna putih cerah agar dinding tidak menutup secara visual, yang membuat ruangan terasa lebih besar," imbuh Fenimore.

Mengecat ruangan adalah cara tercepat dan paling ekonomis untuk melakukan perubahan total. Hal yang Anda butuhkan hanyalah tips dan trik untuk melakukannya dengan benar.

Pertimbangkan warna-warna cat dinding ini untuk membuat ruangan tampak lebih luas tanpa perlu renovasi rumah.

1. Abu-abu

Abu-abu yang lebih hangat dengan transisi ke warna greige terus ditampilkan di banyak ruang interior dan membuat ruangan tetap terang dan cerah tanpa sensasi dingin dari abu-abu tradisional.

Baca juga: 4 Warna Segar untuk Menambah Keceriaan di Rumah

2. Aqua

Tenang seperti laut, aqua adalah warna yang sempurna untuk memberi kesan teduh dan luas tanpa mendominasi ruang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com