Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Menyiram Tanaman Hias Saat Ditinggal Bepergian

Kompas.com - 29/09/2021, 17:22 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The List

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias adalah tambahan yang sempurna untuk rumah. Tanaman hias dapat membuat dekorasi rumah semakin menarik serta menyebarkan udara atau oksigen ke seluruh rumah.

Namun, satu pertanyaan yang sering muncul ketika merawat tanaman hias adalah bagaimana cara merawat tanaman saat sedang bepergian. 

Baca juga: 7 Manfaat Ampas Teh untuk Kebun dan Tanaman

Bagaimana menyiram tanaman dan memastikan tanaman mendapatkan cukup sinar matahari?

Dilansir dari The List, Rabu (29/9/2021), sering bepergian atau meninggal rumah seperti liburan dan melakukan perjalanan kerja bukanlah alasan untuk tidak menghiasi rumah dengan tanaman.

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum meninggalkan tanaman hias untuk bepergian agar kebutuhan penyiraman tetap terjaga serta tanaman tetap terawat dan hidup.

Berikut ini tiga cara menyiram tanaman hias saat ditinggal bepergian. 

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Calathea, Si Tanaman Hias Berdaun Indah

Menyiram tanaman hias sampai basah

Untuk menjaga tanaman hias tetap sehat dan kebutuhan airnya terpenuhi saat ditinggal bepergian, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Kamu harus menyiram tanaman sampai air mengalir atau keluar dari dasar pot sehingga tanaman benar-benar basah kuyup.

Bahkan kamu perlu mengulangi penyiraman untuk memastikan tanaman benar-benar basah. Penyiram ini akan berlangsung selama satu hingga dua minggu sehingga tanaman akan baik-baik saja saat ditinggal berlibur. 

Baca juga: 4 Tips Hemat Saat Membeli Tanaman Hias, Apa Saja?

Letakkan tanaman di bathtub

House Beautiful merekomendasikan untuk meletakkan tanaman di bathtub dan mengisinya dengan satu atau dua inci air agar mereka terendam lebih lama.

Ketika pergi, kamu juga harus mengatur rumah ke suhu sedang. Menurut House Beautiful, tanaman harus berada dalam kisaran suhu antara 10-26 derajat Celsius. 

Jadi, kamu mungkin perlu membiarkan AC menyala saat bepergian agar tanaman bisa hidup. Bila khawatir AC menyala, kamu bisa memindahkan tanaman ke area teduh di rumah agar tetap sejuk. 

Baca juga: 9 Tanaman Hias Ini Diyakini Membawa Hoki Finansial ke Rumah

Manfaatkan alat penyiraman otomatis

Cara lain, membeli alat penyiraman otomatis yang secara bertahap akan menyiram tanaman. Alat penyiram otomatis dapat mencegah tanaman dehidrasi tanaman dan harganya pun tidak begitu mahal. 

Dengan demikian, kamu bisa bepergian tanpa khawatir serta stres memikirkan tanaman hias di rumah bakal terbengkalai atau mati. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com