Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Meletakkan Meja Kerja di Rumah agar Produktif Menurut Feng Shui

Kompas.com - 24/08/2021, 08:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui merupakan filosofi kuno yang berasal dari China, yang dapat membantu kita menyeimbangkan energi di setiap ruangan di rumah.

Tidak hanya pada tempat tidur, furnitur, dapur, atau ruangan lainnya di rumah, feng shui juga dapat diterapkan pada meja kerja dan ruang kerja Anda. Sebab, bagaimanapun meja kerja adalah tempat Anda bekerja dan harus fokus menyelesaikan pekerjaan.

Oleh sebab itu, feng shui dapat digunakan untuk membimbing Anda dalam hal penempatan meja kerja di rumah agar produktivitas meningkat.

Baca juga: 5 Tips Memilih Lampu untuk Meja Kerja

Dilansir dari Mind Body Green, Selasa (24/8/2021), berikut panduan meletakkan meja kerja di rumah menurut feng shui guna meningktkan produktivitas Anda saat bekerja dari rumah.

Ilustrasi meja kerja di rumah.UNSPLASH/SLAVA KEYZMAN Ilustrasi meja kerja di rumah.

Menurut Gabrielle Santiago, desainer interior di Los Angeles, AS, penting untuk memastikan meja kerja Anda menghadap ke pintu. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah melihat apa pun yang masuk dan keluar.

Jika tidak memungkinkan, cobalah untuk setidaknya menghindari penempatan meja kerja membelakangi pintu. Anda juga dapat menempatkan cermin kecil sehingga dapat melihat pintu dari tempat duduk di meja kerja.

"Kita merasa lebih seimbang, produktif, dan aman ketika kita dapat melihat secara langsung apa yang masuk dan keluar," ungkap Santiago.

Baca juga: Meja Kerja Menghadap Dinding, Bagus atau Tidak Menurut Feng Shui?

"Anggap ini seperti lift yang penuh dengan orang. Ketika kita melihat lift penuh, kita cenderung berdiri di dekat tombol karena itu adalah titik kendali, atau dengan punggung menempel ke dinding karena itu cara teraman bagi kita untuk melihat semuanya," imbuhnya.

Santiago menjelaskan, kita secara tidak sadar ingin merasa memegang kendali. Ketika hal ini tidak terjadi, kemungkinan akan sulit untuk terlibat sepenuhnya dengan pekerjaan yang ada di hadapan kita.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com