Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menyewakan Rumah

Kompas.com - 23/08/2021, 19:33 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyewakan rumah bisa menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan. Namun, sebelum menyewakan rumah, ada sejumlah hal yang perlu disiapkan pemilik.

Mulai dari, menata rumah semenarik mungkin, melakukan perbaikan, hingga mengecat ulang.  Hal ini tak lain bertujuan agar penyewa tertarik dan betah selain menjaga rumah Anda tampak cantik dan terawat. 

Baca juga: 6 Sumber Bau di Rumah dan Cara Mengatasinya

Melansir dari laman Today's Homeowner, Senin (23/8/2021), berikut ini sejumlah hal yang perlu disiapkan sebelum menyewakan rumah.  

Tambahkan furnitur 

Memiliki furnitur di rumah memberi penyewa gambaran tentang dimensi ruang. Ini tidak menyisakan kesempatan dan menunjukkan kepada penyewa bagaimana furnitur cocok dengan ruang.

Rumah kosong membuat sulit untuk menata dan meletakkan furnitur. Dengan adanya furnitur, penyewan tidak perlu lagi kebingungan untuk menata dan mengisinya serta mengeluarkan uang untuk membeli furnitur.  

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Instalasi Gabion pada Rumah 

Perbarui dan perbaiki semuanya

Ini merupakan hal penting yang perlu disiapkan sebelum menyewakan rumah Anda. Bila terdapat beberapa kerusakan pada area rumah dan perlu menggantinya, segera lakukan perbaikan dan mengganti peralatan yang sudah usang.

Cobalah cek kondisi dinding dan lakukan perbaikan, perawatan, dan tambahkan penerangan. Dengan segala sesuatu yang baru dan bagus, tentu akan meningkatkan tarif sewa dan menarik lebih banyak penyewa. 

Baca juga: 4 Cara Membasmi Kecoak, Tikus, Semut, dan Rayap dari Rumah 

Cat rumah 

Jangan mendaftarkan properti Anda sebelum memperbarui warna cat atau cat yang telah terkelupas. Pastikan mengecek seluruh kondisi cat di rumah, baik cat dinding, lemari, maupun trim.

Hindari mengecat dengan warna-warna yang buruk atau kurang disukai calon penyewa.  Warna-warna tertentu seperti merah muda atau pink dan hijau dapat menunda calon penyewa. 

Warna netral yang hangat secara statistik dianggap sebagai warna cat terbaik untuk menyewakan rumah. Itu mungkin karena warna netral cocok dengan segalanya. 

Baca juga: Waspada, Ini 4 Tempat di Rumah yang Kerap Menjadi Sarang Nyamuk 

Tingkatkan daya tarik taman

Daya tarik taman bisa sesederhana atau serumit yang Anda pilih untuk membuatnya. Rerumputan hijau yang baru ditebang dapat menunjukkan kepada penyewa bahwa rumah tersebut dirawat dengan baik.

Sirami rumput dan jaga agar rumah tetap terlihat rapi. Jika ingin meningkatkan daya tarik taman, beberapa tanaman tahunan yang kuat dapat menambah nilai properti. 

Tidak peduli apa yang Anda pilih untuk dilakukan, tetapi halaman rumput yang terawat pasti akan menarik banyak orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com