Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Perlu Dilakukan agar Tanaman Tetap Hidup

Kompas.com - 22/08/2021, 10:50 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman yang terlihat bagus dan segar di toko tanaman tiba-tiba layu ketika dibawa pulang ke rumah. Lantas, apa yang menyebabkannya? 

Menurut spesialis tanaman hias, Annette Goliti Gutierrez, dan Jessica Lawrence, seorang hortikultura, ada dua masalah besar ketika tanaman hias yang indah tiba-tiba layu, yakni diabaikan atau terlalu dimanjakan. 

Baca juga: 5 Tanaman Tropis yang Cocok untuk Dekorasi Ruangan

"Tanaman hias membutuhkan air yang konsisten, cahaya, dan sedikit cinta untuk berkembang," kata Gutierrez dilansir dari Iatimes, Minggu (22/8/2021). 

Penanaman yang tidak tepat, penyiraman yang berlebihan, dan jenis cahaya yang salah juga dapat menjadi faktor yang membuat tanaman mati.

Nah, untuk menjaga tanaman hias tetap hidup, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan. 

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Semut pada Tanaman Hias

 

Jangan terlalu cepat memindahkannya

Kebanyakan tanaman hias dibesarkan di rumah kaca, kemudian dipindahkan di toko sampai pembali membelinya. "Jadi, ketika Anda membawanya pulang, mereka stres," ujar Lawrence.

Memindahkan tanaman ke pot dekoratif Anda hanya akan membuatnya lebih stres dan sulit untuk memberikan perawatan yang mereka butuhkan.

Sebagai solusi, simpan tanaman hias di pot pembibitan plastik setidaknya selama tahun pertama. Namun, Anda masih bisa menggunakan pot cantik dan tutupi bagian atas tanah tanaman dengan lumut atau batu untuk menutupi celah apa pun. 

Baca juga: 5 Manfaat Garam Epsom untuk Tanaman 

Hindari penyiraman berlebih

Lawrence dan Gutierrez mengatakan penyiraman yang tidak tepat adalah penyebab paling umum kematian tanaman. 

"Daripada menempatkan tanaman pada jadwal penyiraman, saya memberi tahu orang-orang untuk menempatkan membuat jadwal pemeriksaan karena tidak semua tanaman perlu disiram pada waktu yang sama," kata Lawrence. 

Baca juga: Kenapa Daun Tanaman Bunga Kertas atau Bugenvil Keriting?

Untuk mengetahui tanaman perlu disiram, masukkan jari sedalam satu hingga dua inci ke tanah untuk melihat apakah tanah sudah kering dan perlu menyiramnya.  

Menyiram tanaman secukupnya selama 20 atau 30 menit akan membantunya menarik kelembapan di akar, bagian yang paling membutuhkan air. 

Baca juga: 4 Penyakit Umum Tanaman Bunga Kertas atau Bugenvil dan Solusinya 

Biarkan cahaya

Tanaman dalam ruangan membutuhkan cahaya untuk tumbuh dan berkembang. Carilah cahaya tidak langsung dari jendela yang menghadap ke utara atau timur dan jauhkan tanaman dari sinar matahari penuh dari selatan dan barat. 

Hindari menempelkan tanaman di sudut atau di bawah tangga. Tanaman membutuhkan beberapa jenis cahaya yang konsisten untuk melakukan fotosintesis serta mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk tumbuh. 

Baca juga: 5 Tanda Tanaman Merasa Kesepian Ketika Pemiliknya Tidak Ada di Rumah

“Ada beberapa tanaman berdaun gelap yang dapat mentoleransi cahaya rendah, tetapi mereka tidak akan pernah berbunga atau menjadi besar,” ujar Gutierrez.

Jika Anda harus meletakkan tanaman di area gelap, cobalah memasang sedikit grow light, bahkan lampu LED di atasnya yang menyala secara teratur setidaknya selama delapan jam sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com