Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Indoor Besar yang Dapat Membuat Ruangan Tampak Luas

Kompas.com - 10/08/2021, 15:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman hias di dalam ruangan tidak hanya berfungsi membersihkan dan menyegar udara, tetapi juga dapat menjadi titik fokus pada ruangan.

Selain mempercantik ruangan, tanaman dalam ruangan atau tanaman indoor juga mampu mengisi kekosongan dinding, sudut yang kosong, serta membawa kehidupan ke dalam ruangan menjadi lebih hidup dan bersemangat. 

Baca juga: 5 Inspirasi Tanaman Hidroponik Indoor di Area Sempit

Umumnya, orang memilih tanaman indoor berukuran kecil untuk di dalam rumah demi menghemat lahan dan perawatan yang mudah. Namun, tanaman indoor berukuran besar juga bisa diletakkan di ruangan.

Bahkan tanaman indoor besar dapat memberi kesan menakjubkan serta membuat ruangan terlihat lebih luas dan besar. 

Melansir dari My Domaine, Selasa (10/8/2021), berikut ini lima tanaman indoor besar yang bisa membuat ruangan tampak luas. 

Baca juga: Tanaman Indoor yang Bisa Hidup di Ruangan Minim Cahaya 

Monstera deliciosa

Ilustrasi tanaman monsteraUnsplash/Kara Eads Ilustrasi tanaman monstera
Dikenal karena daunnya yang berfenestrasi atau berlubang, monstera deliciosa adalah tanaman tropis yang tumbuh lebat.

Tanaman monstera deliciosa tumbuh dengan cepat di tempat dengan pencahayaan terang dan tanah lembap, tetapi tidak basah kuyup.

Untuk membawanya ke dalam ruangan, cukup potong pangkal tanaman, pastikan untuk memasukkan setidaknya satu simpul, dan letakkan di air sampai akar terbentuk. 

Baca juga: Tips Merawat Tanaman Indoor dan Outdoor saat Musim Hujan

Lidah mertua 

Dikenal sebagai salah satu tanaman hias yang paling mudah dirawat, tanaman lidah mertua atau snake plant adalah tanaman tinggi seperti tombak yang memiliki variegasi indah di daunnya.

Menempatkan lidah mertua dalam pot bergaya abad pertengahan atau pot cantik tidak hanya dapat meningkatkan penampilannya, tetapi juga membuatnya cocok dengan dekorasi ruangan Anda. 

Baca juga: 10 Tanaman Bunga Indoor yang Dapat Mencerahkan Ruangan

Tanaman payung

Dinamakan tanaman payung atau umbrella plant karena memiliki daun yang besar seperti payung. Tanaman ini tumbuh tinggi di hampir semua lingkungan.

Namun, pastikan tanaman payung mendapat penyiraman yang cukup. Sebab, bila tidak, tanaman rentan mengalami busuk akar.

Tanaman payung tersedia dalam ukuran besar dan kecil. Beberapa varietas tanaman ini dapat tumbuh hingga tiga meter di dalam ruangan. 

Baca juga: 3 Penyebab Utama Ujung Daun Tanaman Indoor Menjadi Cokelat 

Tanaman yucca

Berasal dari gurun, tanaman yucca digunakan untuk kondisi yang keras dengan sedikit air. Saat hari penyiraman tiba, pastikan membiarkan pot terkuras seluruhnya dan tidak membiarkan tanaman terendam air karena cukup rentan terhadap busuk akar. 

Tak hanya itu, tanaman yucca juga membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh besar dan tinggi. Namun, tanaman ini dapat bertahan dalam kondisi cahaya minum. 

Baca juga: 5 Tips Aman Memindahkan Tanaman Indoor ke Luar Ruangan

Tanaman pisang

Ilustrasi tanaman pisangUnsplash/Linh Le Ilustrasi tanaman pisang
Selanjutnya, tanaman indoor besar yang bisa membuat ruangan tampak luas adalah tanaman pisang. Tanaman pisang memiliki daun yang lebat dan dapat menumbuhkan daun di sepanjang batangnya. 

Tak usah khawatir, rumah akan terlihat aneh. Tanaman ini tidak sebesar pohon pisang yang berada di luar atau halaman rumah meski ukuran cukup di dalam ruangan. 

Baca juga: 7 Tanaman Indoor Terbaik untuk Kamar Mandi

Untuk membuat tanaman ini senang, tempatkan tanaman pisang mendapat sinar matahari penuh. Ketika datang untuk menyiramnya, cobalah tidak membiarkannya kering.

Selain itu, pastikan tanah lembap secara merata karena ini dapat membuat tanaman tetap sehat dan bahagia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com