Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyakit yang Bikin Kucing Selalu Lapar tapi Berat Badannya Tak Naik

Kompas.com - 04/08/2021, 07:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing adalah hewan peliharaan yang selalu mengharapkan pemiliknya memberi makan. Hal ini adalah hal yang dipandang normal bagi kucing peliharaan di rumah.

Akan tetapi, bagaimana jika kucing selalu lapar tapi berat badannya tidak bertambah? Kondisi yang dialami kucing semacam ini sering kali diasosiasikan dengan sejumlah penyakit yang diderita.

Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (4/8/2021), berikut beberapa penyakit yang menyebabkan kucing selalu lapar tetapi berat badannya tidak bertambah.

Baca juga: Pemilik Harus Tahu, Ini 5 Hal yang Dibenci Kucing

1. Parasit usus

Umumnya disebut sebagai cacing, parasit usus memakan apa yang dimakan kucing, mencuri sebagian besar nutrisi dari makanan. Ini berarti kucing mungkin makan dan masih merasa lapar karena dia memberi makan parasit dan mendapatkan sedikit nutrisi untuk dirinya sendiri.

Ilustrasi makanan kucing, kucing sedang makan. SHUTTERSTOCK/ALEXANDERDUBROVSKY Ilustrasi makanan kucing, kucing sedang makan.

Kucing cacingan bisa disebabkan karena memakan kutu dan dari luar, tetapi obat-obatan dapat membersihkannya dari kucing Anda.

Untuk mengetahui jenis parasit apa yang dimiliki kucing, Anda harus melakukan pemeriksaan mikroskopis terhadap kotorannya yang dilakukan oleh dokter hewan.

Banyak obat kutu dan obat cacing kucing juga mengandung obat cacing parasit usus tetapi tidak melindungi kucing dari semua jenis cacing.

Baca juga: Simak, Ini Bahasa Telinga Kucing yang Patut Diketahui

2. Hipertiroidisme

Kucing dengan kelenjar tiroid yang terlalu aktif mengalami hipertiroidisme dan itu membuat mereka selalu merasa lapar. Tes darah sederhana yang dilakukan oleh dokter hewan dapat mendiagnosis kucing dengan penyakit ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com