Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2021, 07:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk merupakan salah satu hama paling mengganggu dan mematikan di dunia.

Meski berukuran kecil, serangga ini dapat menyebarkan berbagai penyakit berbahaya saat berpindah dari orang ke orang seperti demam berdarah, malaria, dan virus Zika.

Keberadaan nyamuk di dalam rumah mudah ditemukan, terlebih saat musim kemarau atau panas. Nyamuk biasanya muncul serta menyukai area yang kotor, gelap, dan terdapat genangan air. 

Baca juga: Cara Membuat Semprotan Pengusir Nyamuk dari Bahan Alami

Bahkan nyamuk tertarik pada karbon dioksida, asam laktat, dan oktenol yang ditemukan dalam napas dan keringat manusia. Untuk itu, penting menjaga kebersihan rumah demi membasmi nyamuk dari rumah.

Namun, di balik merugikan dan bahaya nyamuk, serangga dari ordo Diptera ini memiliki banyak fakta unik yang jarang diketahui orang. Apa saja?

Melansir dari laman Cleveland, Minggu (11/7/2021), berikut ini 10 fakta unik nyamuk yang penting diketahui. 

Baca juga: Selain Serai, Ini 5 Tanaman yang Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah

Berusia 210 juta tahun

Nyamuk sudah ada sejak zaman Jurassic. Hal ini berarti membuat nyamuk sudah berusia sekitar 210 juta tahun. Jurassic adalah suatu periode waktu pada masa prasejarah yang terjadi ratusan juta tahun silam.

Hanya beberapa yang mengisap darah manusia

Nyamuk memiliki lebih dari 3.000 spesies, tetapi hanya beberapa ratus spesies yang mengisap darah manusia.

Sekitar 175 jenis dari nyamuk ditemukan di Amerika Serikat dengan Anopheles quadrimaculatus, Culex pipiens, Aedes aegypti, dan Aedes albopictus di antara yang paling umum.

Anopheles adalah pembawa malaria dan tiga lainnya diketahui menyebarkan berbagai bentuk ensefalitis. Virus Zika terutama disebarkan nyamuk Aedes aegypti. 

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk di Kamar Tidur dengan Serai

Hanya nyamuk betina yang mengisap

Selain hanya beberapa ratus nyamuk yang bisa mengisap darah manusia, jumlah ini semakin kecil karena hanya nyamuk betina yang bisa menggigit atau mengisap.

Hal ini tak lain karena betina membutuhkan darah untuk membantu telurnya berkembang biak. Namun, baik nyamuk jantan maupun betina akan makan dari buah dan nektar tanaman

Baca juga: Ragam Hal yang Membuat Anda Sering Digigit Nyamuk di Rumah

Tidak punya gigi

Fakta unik nyamuk berikutnya adalah tidak mempunyai gigi. Nyamuk betina menggigit dengan mulut yang panjang dan runcing yang disebut belalai.

Nyamuk menggunakan belalai bergerigi untuk menembus kulit dan menemukan kapiler, kemudian mengambil darah melalui salah satu dari dua tabung. 

Benjolan akibat gigitan disebabkan air liur

Untuk menghisap darah, nyamuk juga memiliki teknik. Satu tabung di belalai mengambil darah, sedangkan satu tabung lainnya memompa air liur yang mengandung obat penghilang rasa sakit ringan dan anti-koagulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com