Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Cuma Pemutih, 5 Bahan Ini Juga Bisa Memutihkan Pakaian

Kompas.com - 28/06/2021, 08:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemutih lazim digunakan untuk memutihkan pakaian sekaligus menghilangkan noda. Namun, tidak sedikit orang tidak suka menggunakan pemutih klorin karena baunya, kekerasan bahan kimianya, dan penyebab lainnya.

Meski demikian, ada beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk menggantikan penggunaan pemutih, namun dengan fungsi yang sama.

Bahan-bahan tersebut tidak akan menggantikan pemutih klorin sebagai disinfektan untuk membunuh bakteri, tetapi akan membantu menjaga pakaian putih tetap terlihat bagus dan lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Alasan Kucing Suka Tidur di Atas Pakaian Kita, ternyata...

Untuk cucian yang harus didesinfeksi, ada pilihan lain seperti minyak pinus dan disinfektan fenolik untuk menggantikan pemutih klorin.

Dikutip dari The Spruce, Senin (28/8/2021), berikut beberapa bahan alternatif pemutih yang dapat digunakan untuk memutihkan pakaian.

1. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah zat pemutih ringan yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda atau memutihkan dan mencerahkan pakaian dan memiliki dampak yang lebih kecil terhadap lingkungan dibandingkan pemutih klorin.

Saat terkena cahaya, hidrogen peroksida akhirnya terurai menjadi air dan oksigen dan menjadi pemutih berbasis oksigen yang dapat terurai secara hayati. Gunakan larutan hidrogen peroksida 3 persen yang sama untuk cucian yang biasa ditemukan di toko obat.

Baca juga: Bolehkah Mencampur Pemutih dan Deterjen Saat Mencuci Pakaian Putih?

Untuk memutihkan dan mencerahkan pakaian, tambahkan satu cangkir hidrogen peroksida ke setiap beban cucian. Ini dapat digunakan dengan aman pada banyak pakaian putih atau berwarna.

Hidrogen peroksida harus ditempatkan di dispenser pemutih otomatis mesin cuci atau ditambahkan saat mesin cuci diisi dengan air, sehingga tersebar merata sebelum pakaian ditambahkan.

Jangan menuangkan hidrogen peroksida langsung pada kain berwarna kering karena dapat menyebabkan bercak dan menghilangkan warna.

2. Baking soda

Menambahkan setengah cangkir baking soda atau soda kue ke deterjen cucian biasa akan meningkatkan daya pembersihan deterjen dan membuat pakaian lebih putih dan cerah. Soda kue aman digunakan di mesin cuci standar dan efisiensi tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com