Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Landak Mini, Hewan Peliharaan Mungil untuk Anda yang Sibuk

Kompas.com - 18/06/2021, 08:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hewan peliharaan populer adalah kucing, anjing, atau ikan hias. Akan tetapi, Anda juga bisa memelihara landak mini, hewan peliharaan yang unik, mungil, dan menggemaskan.

Penampilan landak mini hampir sama dengan landak pada umumnya, hanya saja ukurannya mini. Yang menarik, tubuh landak mini ditutupi dengan duri-duri kecil yang tidak tajam dan ia akan berguling menjadi seperti bola saat ketakutan.

Nah, untuk Anda yang ingin memelihara landak mini, berikut beberapa hal yang perlu diketahui, seperti dikutip dari The Spruce Pets, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: 8 Cara Menjaga Rumah Tetap Aman untuk Hewan Peliharaan

Landak mini dikenal juga dengan nama landak kerdil Afrika. Hewan lucu ini memiliki panjang tubuh antara 5 hingga 8 inci, dengan rata-rata usia 5 tahun.

Ilustrasi landak mini. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi landak mini.

Seperti namanya, landak mini berasal dari Afrika tengah dan timur tetapi sebagian besar landak ini sebenarnya adalah hibrida dari dua spesies, yakni landak berjari empat dan landak Aljazair.

Di alam liar mereka juga hidup terutama dengan memakan serangga kecil, belatung, siput, laba-laba, dan vertebrata kecil.

Makanan landak mini

Tidak seperti kebanyakan hewan peliharaan mungil lainnya, landak dianggap pemakan serangga dan makhluk bermoncong ini memiliki selera yang cukup untuk hal-hal yang merayap dan merangkak.

Baca juga: 4 Cara Membuat Taman Ramah Hewan Peliharaan

Mealworm dan jangkrik adalah serangga yang paling sering diberikan kepada landak mini di penangkaran, tetapi makanan pokok landak mini harus berupa makanan khusus yang dibeli di toko dan diformulasikan secara khusus.

Makanan berbentuk kibble ini dibuat dari serangga bersama dengan vitamin dan mineral untuk menciptakan diet seimbang yang diformulasikan khusus untuk landak mini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com