Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2021, 08:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman hias dalam ruangan atau tanaman hias indoor bisa menambahkan elemen dekorasi di rumah. Namun, tanaman hias indoor tidak luput dari serangan hama.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, tidak sulit membasmi hama serangga yang hinggap pada tanaman hias indoor.

Dilansir dari Family Handyman, Rabu (16/6/2021), berikut ini beberapa cara melindungi dan menangani masalah hama serangga pada tanaman hias indoor.

Baca juga: Manfaat Abu untuk Tanaman, Kendalikan Hama hingga Naikkan pH Tanah

1. Membasmi tungau, kutu daun, kutu putih, dan kutu sisik pada tanaman hias indoor

Hama seperti tungau, kutu daun, kutu sisik, dan kutu putih bisa membuat tanaman Anda sakit. Hama-hama ini mengeluarkan zat lengket bening yang disebut melon dan sering kali merupakan petunjuk pertama hama ini memakan tanaman.

Ilustrasi hama kutu daun pada tanaman. PIXABAY/MABELAMBER Ilustrasi hama kutu daun pada tanaman.

Daun tanaman mungkin juga berubah warna menjadi kuning dan akhirnya menjadi cokelat.

Untuk membasmi hama-hama serangga tersebut, coba semprotkan air pada serangga di tanaman hias indoor Anda. Semburan air yang kuat mengusir banyak serangga.

Jika cara ini tidak berhasil mengusir hama-hama tersebut, lanjutkan ke sabun insektisida atau minyak hortikultura organik berlabel untuk tanaman hias.

Baca juga: Beragam Hama dan Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman Cabai

2. Membasmi agas jamur pada tanaman hias indoor

Apakah lalat kecil terbang di sekitar tanaman indoor Anda? Agas jamur adalah serangga yang mengganggu yang terlihat seperti lalat buah kecil yang beterbangan di sekitar rumah.

Mengontrol agas jamur yang belum matang, yang merupakan larva seperti cacing yang memakan bahan organik di dalam tanah, menghilangkan masalah tersebut. Agas jamur tidak berbahaya, tetapi tentu saja mengganggu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com