Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mencuci Pakaian Berwarna Gelap agar Tidak Luntur

Kompas.com - 29/04/2021, 14:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakaian berwarna gelap seperti hitam atau biru tua menjadi favorit banyak orang. Selain memberikan kesan elegan, pakaian berwarna gelap juga bisa membuat orang yang mengenakannya tampak lebih ramping.

Namun demikian, kerap kali pakaian berwarna gelap luntur saat dicuci. Ini tentu bukan hal yang bagus, selain bisa membuat pakaian tampak kusam, namun juga bisa merusak warna pakaian lainnya.

Nah, apa yang harus dilakukan agar pakaian berwarna gelap yang dicuci tidak luntur? Dilansir dari The Spruce, Kamis (29/4/2021), berikut beberapa tipsnya.

Baca juga: 8 Kesalahan dalam Mencuci Pakaian yang Harus Dihentikan Segera

1. Biasakan memisahkan pakaian

Pertimbangan pertama saat menyortir atau memisahkan pakaian adalah menentukan apakah suatu pakaian harus dicuci di rumah atau dicuci dengan metode dry clean. Jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, bacalah label perawatan pakaian.

Setelah Anda menyortir pakaian yang hanya bisa dicuci dengan dry clean, sortir pakaian Anda yang bisa dicuci. Jangan pernah mencuci pakaian berwarna terang dengan pakaian berwarna gelap untuk mencegah perpindahan warna.

Penting juga untuk menghindari penggabungan kain gelap dengan pakaian atau linen penghasil serat. Serat dari kain ini sering menempel pada item gelap sehingga terlihat "kabur" dan pudar.

2. Selalu gunakan suhu air dingin

Air panas akan selalu memudarkan pewarna dan menyebabkan lebih banyak pewarna yang keluar lebih cepat daripada air dingin. Pastikan mesin cuci Anda selalu diatur untuk menggunakan siklus pembilasan air dingin.

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian dengan Tangan agar Pakaian Bersih dan Awet

Tidak perlu menggunakan air panas atau hangat untuk membilas pakaian berwarna gelap.

3. Gunakan deterjen yang tepat

Jika Anda tidak memiliki deterjen yang diformulasikan untuk pakaian warna gelap, gunakan deterjen biasa sesedikit mungkin untuk membersihkan pakaian Anda.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com