Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, 4 Kesalahan Mendekorasi Rumah Kecil

Kompas.com - 09/04/2021, 09:58 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah dengan luasan terbatas merupakan sebuah tantangan tersendiri untuk mendekorasinya. Sebab, jika salah dalam pemilihan, penempatan furnitur dan warna akan menyebabkan rumah menjadi lebih sempit.

Dilansir dari Homes to Love, Jumat (9/4/2021), sayangnya, ada kesalahan umum yang sering dilakukan saat mendekorasi rumah kecil ini.

Apa saja kesalahan dalam mendekorasi rumah kecil? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Trik Mendekorasi Ruang Tamu Kecil

1. Kurang pencahayaan

Pencahayaan merupakan faktor yang penting dalam mendekorasi rumah kecil, karena tanpa pencahayaan rumah akan gelap dan nampak lebih kecil. Beberapa orang sering mengabaikan hal ini dalam mendekorasi rumah kecil mereka.

Cahaya dapat memberikan ilusi ruang, sehingga memberikan nuansa luas pada ruang.

Menciptakan beberapa zona pencahayaan secara halus menunjukkan bahwa sebuah ruangan memiliki fungsi yang berbeda, dan membuatnya tampak lebih besar dari yang sebenarnya.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan sinar matahari dengan menggunakan tirai tipis sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah.

Baca juga: Trik Dekorasi Kamar Tidur Kecil untuk Remaja

2. Dinding polos

Beberapa orang membiarkan dinding polos tanpa hiasan karena takut jika lebih membebani dinding mereka. Namun, sebenarnya hal tersebut adalah salah, manfaatkan dinding sebagai opsi penyimpanan.

Anda dapat membuat rak apung yang menempel ke dinding sehingga dapat menyimpan berbagai benda. Atau bisa menggantungkan karya seni namun pilih karya yang ringan sehingga tidak membebani dinding terlalu banyak.

3. Furnitur dan dekorasi kecil

Karpet kecil dan sofa yang ada di dalam kamar kecil merupakan kombinasi yang salah. Sebab, karpet yang tidak menampung furnitur di atasnya akan memberikan efek kecil pada ruangan.

Sebagai solusinya pilih karpet yang berukuran lebih besar sehingga dapat menampung furnitur di atasnya, setidaknya dua kaki furnitur. Pun hindari meletakkan furnitur yang menempel ke dinding, karena tidak memberikan ruang bernapas bagi furnitur tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com