Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Benda yang Bisa Dibersihkan dengan Teh Celup Bekas

Kompas.com - 07/04/2021, 11:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jangan langsung membuang teh celup bekas yang sudah digunakan untuk menyeduh minuman favorit Anda itu. Sebab, teh celup bekas memiliki banyak manfaat untuk berbagai hal di rumah Anda.

Misalnya, teh celup bekas bisa menjadi bahan yang bagus untuk kompos dan pupuk tanaman. Anda bisa dengan mudah membuat pupuk tanaman dari teh celup bekas di rumah.

Namun demikian, teh celup bekas juga bisa bermanfaat untuk membersihkan berbagai benda di rumah Anda. Tidak hanya itu, manfaat teh celup bekas lainnya adalah mengusir bau tidak sedap dari beragam benda.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk dan Kompos Tanaman dari Teh Celup Bekas

Nah, apa saja benda di rumah yang dapat dibersihkan dengan teh celup bekas? Dilansir dari Daily Mail, Rabu (7/4/2021), berikut daftarnya.

1. Peralatan masak

Jaga agar peralatan masak seperti wajan dan panci besi cor Anda bebas karat dengan menyekanya menggunakan teh celup bekas yang lembab setelah digunakan.

Tanin dalam teh akan melapisi wajan dengan lapisan pelindung yang mencegah oksidasi yang menyebabkan karat.

2. Kulkas

Teh celup bekas bisa menghilangkan bau tidak sedap di dalam kulkas. Sebagai alternatif dari baking soda alias soda kue, letakkan beberapa kantong teh bekas dalam wadah terbuka di kulkas.

Baca juga: Jangan Buru-buru Dibuang, Ini Deretan Manfaat Teh Celup Bekas

Kantong teh akan menyerap bau yang tidak diinginkan sehingga kulkas Anda berbau segar dan bersih.

3. Piring

Noda dan minyak yang tertinggal pada piring kotor bisa dibersihkan dengan teh celup bekas. Taruh dua atau tiga kantong teh celup bekas di bak cuci piring yang penuh dengan piring kotor dan air hangat.

Biarkan terendam selama lima menit. Teh akan membantu mengurai minyak dan noda makanan, membatasi jumlah penggosokan yang harus Anda lakukan.

4. Kaca jendela

Semprotkan teh encer, yang terbuat dari teh celup bekas, ke permukaan kaca seperti jendela dan cermin. Ini akan menghilangkan kotoran, kotoran dan sidik jari.

Kemudian bersihkan dengan kain yang tidak berbulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com