Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2021, 09:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak lama bunga telah digunakan sebagai simbol emosi. Misalnya saja, mawar merah dikenal luas sebagai bunga lambang cinta sejati, sementara mawar putih melambangkan kesucian.

Ada juga beberapa bunga cantik yang dikenal sebagai simbol harapan. Meskipun demikian, sebetulnya simbolisasi bunga ini tergantung pada waktu dan tempat, artinya makna tersebut bisa ditafsir beda di tiap negara.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Selasa (9/3/2021), berikut beberapa bunga yang melambangkan harapan.

Baca juga: Mengenal 10 Bunga Cantik dan Maknanya

Ilustrasi bunga krisan merah. PIXABAY/GORANH Ilustrasi bunga krisan merah.

1. Krisan

Chrysanthemum atau krisan merah (Dendranthema x grandiflorum) melambangkan harapan, cinta, ketenangan, dan persahabatan yang indah di Amerika Serikat.

Akan tetapi, di Italia krisan melambangkan kematian.

Krisan merah adalah hadiah yang cocok untuk diberikan kepada teman dekat dan kekasih Anda. Bunga ini cocok ditanam di dalam pot tanaman.

2. Iris

Iris (Iris xiphium) melambangkan harapan, persahabatan dan keberanian yang disayangi. Bunga iris juga merupakan inspirasi bagi fleur-de-lis. yang melambangkan keluarga kerajaan Perancis dan merupakan simbol negara bagian Tennessee di Amerika Serikat.

Baca juga: 7 Tanaman Bunga Gantung yang Tahan Panas

Bunga ini cocok sebagai hadiah untuk teman-teman terkasih atau orang-orang tersayang. Di China, bunga iris disebut sebagai "Kupu-kupu Ungu" karena mengingatkan mereka pada kupu-kupu yang beterbangan.

Ilustrasi bunga Bachelor Button atau blue cornflower. PIXABAY/HANS BRAXMEIER Ilustrasi bunga Bachelor Button atau blue cornflower.

3. Bachelor button

Bunga bachelor button atau blue cornflower (Centaurea cyanus) telah lama menjadi simbol harapan dalam cinta.

Bahkan, menurut cerita rakyat di Barat, seorang pemuda bisa meramalkan kekuatan cinta wanitanya dengan memakai bunga ini di lubang kancingnya.

Jika warnanya memudar dengan cepat, cinta wanitanya tidak benar, tetapi jika warnanya tetap kuat, dia tahu cintanya juga kuat.

Bunga ini adalah hadiah yang cocok untuk mereka yang sedang jatuh cinta atau berharap untuk membangun hubungan romantis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com