Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Warna Cat Dinding Terbaik untuk Ruang Kerja di Rumah

Kompas.com - 31/01/2021, 19:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona menyebabkan banyak perusahaan di dunia menerapkan kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi pegawainya. Hal ini menyebabkan banyak pegawai membuat ruang kerja di rumah agar produktivitas tak terganggu.

Warna cat dinding adalah salah satu hal mudah yang dapat dilakukan untuk menyegarkan ruang kerja yang tampak membosankan. Akan tetapi, warna cat dinding yang tepat dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Dilansir dari Martha Stewart, Minggu (31/1/2021), studi menyatakan bahwa warna tertentu membantu menstimulasi otak Anda, sementara warna lain dikatakan memiliki efek menenangkan.

Baca juga: 8 Tanaman Gantung yang Cocok untuk Ruang Kerja di Rumah

"Ruang kerja adalah tentang produktivitas, jadi Anda ingin memilih warna cat yang akan menjaga Anda dan juga memiliki efek menenangkan," kata desainer interior Nicole Gibbons.

Untuk itu, penting untuk memilih warna cat dinding ruang kerja di rumah yang benar-benar menginspirasi Anda.

"Ruang kerja di rumah kemungkinan akan menjadi tempat Anda menghabiskan banyak hari Anda, jadi penting untuk mempertimbangkan warna itu untuk waktu yang lama," jelas Patrick O'Donnell, brand ambassador di Farrow & Ball.

"Warna tanah yang menenangkan seperti hijau dan biru membangkitkan perasaan tenang jika Anda ingin mengurangi stres. Sementara warna terang, seperti putih yang hangat, bagus jika Anda ingin menciptakan ruangan yang bebas dari gangguan," imbuhnya.

Baca juga: Begini Cara Membuat Ruang Kerja di Rumah Semakin Nyaman

Berikut ini beberapa pilihan warna cat dinding yang dapat membantu Anda bekerja lebih produktif di ruang kerja di rumah.

1. Abu-abu hangat dan beige

Menurut Sue Wadden, direktur pemasaran warna di Sherwin-Williams, jika Anda kesulitan fokus saat bekerja dari rumah, disarankan untuk mengecat dinding ruang kerja Anda dengan paduan warna abu-abu dan krem yang nyaman, agar pikiran Anda tidak ke mana-mana.

"Adalah warna abu-abu krem hangat yang indah yang akan menenangkan pikiran dan membantu Anda fokus pada tugas hari itu. Selain itu, (warna) ini cocok dengan segalanya, jadi akan berpadu tepat ke latar belakang dekorasi lain di ruang kerja," ujarnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com