Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Mencuci Kain Mikrofiber dengan Mesin Cuci, Kenapa?

Kompas.com - 31/01/2021, 15:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kain mikrofiber atau microfiber kini banyak digunakan untuk membersihkan beragam permukaan di rumah, termasuk mobil. Namun, tahukah Anda bagaimana membersihkan kain tersebut?

Dilansir dari Family Handyman, Minggu (31/1/2021), cara mencuci dan membersihkan kain mikrofiber akan memengaruhi daya tahannya. Salah satunya adalah tidak memasukkannya ke dalam pengering dan memberi sedikit perawatan ekstra saat membersihkannya.

Cara kerja kain mikrofiber

Untuk mengetahui mengapa Anda tidak boleh memasukkan kain mikrofiber ke dalam mesin cuci, Anda harus memahami dulu cara kerjanya.

Baca juga: Cara Mencuci Handuk agar Tetap Lembut dan Segar

Tidak seperti kain katun atau nilon yang memiliki serat besar, kain mikrofiber memiliki ribuan serat kecil. Faktanya, ada 200.000 serat dalam satu inci persegi kain mikrofiber.

Saat Anda membersihkan permukaan dengan kain mikrofiber, semua serat kecil itu mengangkat dan menahan kotoran, debu, dan cairan.

Selain ribuan serat, alasan lain mengapa kain ini sangat menyerap kotoran adalah karena seratnya bermuatan positif. Kotoran dan debu yang menempel di permukaan rumah bermuatan negatif, sehingga kotoran tertarik ke kain seperti magnet.

Kain mikrofiber menahan debu dan kotoran tersebut hingga terlepas saat kain dibilas.

Baca juga: Jangan Gunakan Terlalu Banyak Deterjen Saat Mencuci Pakaian, Kenapa?

Kenapa tidak boleh mencuci kain mikrofiber dengan mesin cuci?

Mencuci dan mengeringkan kain mikrofiber dengan mesin cuci akan melelehkan serat, sehingga tidak efektif lagi saat Anda menggunakannya untuk membersihkan kotoran dan debu.

Pun kain tersebut akan menjadi lebih kotor di mesin pengering dengan mengumpulkan serat yang tertinggal dari pencucian sebelumnya.

Cara mencuci kain mikrofiber

Menurut Jennifer Druckamiller, direktur pengalaman produk di perusahaan mikrofiber Norwex, gunakan kembali kain mikrofiber Anda beberapa kali di antara pencucian. Cukup bilas dengan air hangat dan gantung hingga kering.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com