Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, Korea Utara Tampilkan Foto Kim Jong Un Beserta Ayah dan Kakeknya

Kompas.com - 23/05/2024, 21:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

SEOUL, KOMPAS.com - Media Korea Utara menerbitkan foto-foto yang menunjukkan potret pemimpin Kim Jong Un tergantung mencolok di samping foto ayah dan kakeknya.

Ini kemungkinan jadi upaya memperkuat statusnya sebagai pemimpin yang setara dengan leluhurnya.

Foto-foto tersebut tampaknya merupakan pertama kalinya media pemerintah mempublikasikan potretnya yang digantung di samping foto pendiri negara Kim Il Sung dan mendiang ayahnya Kim Jong Il, yang memerintah negara tersebut hingga kematiannya yang mendadak pada 2011.

Baca juga: Korsel Sebut Peretas Korea Utara Curi Data Komputer Pengadilan Selama 2 Tahun

Dilansir dari Reuters, foto-foto tersebut, yang diambil pada pembukaan sekolah baru untuk melatih kader Partai Buruh yang berkuasa, menunjukkan potret raksasa dari tiga generasi yang dipajang di fasad bangunan megah tersebut.

Dalam foto-foto lain, Kim terlihat berbicara dengan para pembantunya, termasuk perdana menteri kabinet, di ruang kelas dengan potret ketiganya tergantung di atas papan tulis di bagian depan.

Kim mengatakan pada upacara pembukaan bahwa lokasi sekolah tersebut dipilih karena dekat dengan istana tempat Kim Il Sung dan Kim Jong Il disemayamkan.

"...sehingga para pemimpin besar dapat mendengar setiap kata bahkan dari bisikan para siswa," kata agensi berita KCNA.

Media pemerintah tidak mengomentari maksud di balik pemasangan potret tersebut atau mengatakan apakah itu telah menjadi standar di seluruh negeri untuk semua tempat umum dan ruang kelas.

Dinasti keluarga Kim yang memerintah Korea Utara sejak didirikan setelah Perang Dunia Kedua berupaya memperkuat cengkeramannya pada kekuasaan dengan membangun kultus kepribadian di sekitar mereka.

Langkah lain yang dilakukan baru-baru ini yang bertujuan untuk meningkatkan citra Kim Jong Un adalah dengan merilis sebuah lagu ceria yang memujinya sebagai ayah yang ramah dan pemimpin yang hebat dalam sebuah video musik.

Baca juga: Kepala Propaganda yang Melayani Ketiga Pemimpin Korea Utara Meninggal

Video menampilkan warga Korea Utara dari semua lapisan masyarakat yang menyanyikan lirik lagu tersebut.

Baca juga: Membaca Arah Kepemimpinan Korea Utara dari Lagu Propaganda Terbaru

Ada juga spekulasi bahwa media pemerintah menghentikan penggunaan istilah "Hari Matahari" untuk menggambarkan hari libur pada ulang tahun kelahiran Kim Il Sung untuk menghindari perhatian dari pemimpin saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com