Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu China Diskusi dengan Iran, Ini yang Dibahas

Kompas.com - 16/04/2024, 11:25 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Media pemerintah China pada Selasa (16/4/2024) melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengadakan diskusi melalui telepon dengan rekannya dari Iran.

Dijelaskan bahwa Iran menyatakan bersedia untuk menahan diri setelah serangan pertamanya di wilayah Israel pada Minggu (14/4/2024).

Israel telah berjanji untuk menanggapi serangan rudal dan pesawat tak berawak Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya selama akhir pekan, yang telah mendorong seruan deeskalasi oleh para pemimpin dunia karena khawatir akan konflik yang lebih luas.

Baca juga: Seperti Ini Sejarah Kelam Serangan Israel di Tanah Iran

Diketahui, China adalah mitra dekat Iran, mitra dagang terbesarnya, dan pembeli utama minyak yang terkena sanksi.

Amerika Serikat telah berulang kali mengajukan permohonan publik agar China menggunakan pengaruhnya terhadap Iran untuk mengelola ketegangan di kawasan, yang saat ini sedang meningkat akibat perang Israel-Hamas.

Dikutip dari AFP, selama panggilan telepon tersebut, Hossein Amir-Abdollahian memberi pengarahan kepada Wang Yi tentang serangan 1 April terhadap gedung konsuler kedutaan Iran di ibu kota Suriah, Damaskus.

Menurut Teheran hal itu memicu serangan udara tersebut, kata kantor berita pemerintah Beijing, Xinhua.

Amir-Abdollahian mengatakan kepada Wang bahwa Dewan Keamanan PBB tidak mengambil tindakan yang diperlukan terhadap serangan ini.

Selain itu, Iran mempunyai hak untuk membela diri dalam menanggapi pelanggaran kedaulatannya, menurut sebuah pembacaan.

Amir-Abdollahian mengatakan Iran bersedia menahan diri dan tidak berniat meningkatkan ketegangan lebih lanjut, seraya menambahkan bahwa situasi regional saat ini sangat sensitif.

Wang mengatakan China mengutuk keras dan dengan tegas menentang serangan terhadap gedung konsulat Iran, lapor Xinhua, dan menganggapnya sebagai pelanggaran serius terhadap hukum internasional dan tidak dapat diterima.

Pembacaan tersebut mengatakan China memperhatikan pernyataan Iran bahwa, sebagai tanggapan, mereka telah mengambil tindakan terbatas untuk membela diri.

"China menghargai tekanan Iran untuk tidak menargetkan negara-negara regional dan tetangga serta penegasannya untuk terus menerapkan kebijakan bertetangga yang baik dan bersahabat," kata Wang mengutip Xinhua.

Baca juga: PBB Minta Iran dan Israel Menahan Diri, Dunia Tak Mampu Tanggung Banyak Perang

"Diyakini bahwa Iran dapat menangani situasi ini dengan baik dan menghindari kekacauan lebih lanjut di kawasan sambil menjaga kedaulatan dan martabatnya sendiri," jelas dia.

Pernyataan Kementerian Luar Negeri Teheran mengatakan Amir-Abdollahian memberi pengarahan kepada Wang mengenai tindakan sah Iran dan memperingatkan Gedung Putih bahwa serangan lebih lanjut terhadap kepentingan atau keamanan Iran akan mengundang tanggapan yang tegas, segera dan ekstensif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com