Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Orang Termasuk 4 Anak-anak Tewas dalam Serangan Pakistan di Iran

Kompas.com - 18/01/2024, 19:04 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP,IRNA

TEHERAN, KOMPAS.com - Sembilan orang, termasuk tiga wanita dan empat anak-anak, tewas dalam serangan Pakistan di Provinsi Sistan-Baluchistan Iran pada Kamis (18/1/2024).

Serangan ini terjadi selang dua hari setelah Iran melakukan serangan terhadap militan atau teroris di negara tetangga Pakistan, yang telah menewaskan sedikitnya dua anak. Demikian menurut kantor berita Iran, IRNA.

Kementerian Luar Negeri Pakistan menggambarkan serangan hari Kamis ini sebagai serangkaian serangan militer yang terkoordinasi dan ditargetkan secara khusus terhadap tempat persembunyian teroris di Sistan-Baluchistan.

Baca juga: Pakistan Serang Tempat Persembunyian Militan di Iran

Menurut militer Pakistan, dikutip dari AFP, drone dan roket digunakan dalam serangan tersebut menargetkan gerakan separatis Baluch.

Militer Pakistan telah melancarkan perjuangan selama puluhan tahun melawan kelompok separatis di wilayah perbatasan yang penduduknya sedikit tersebut.

"Iran mengutuk serangan tersebut, dan memanggil pihak Pakistan untuk memprotes serta meminta penjelasan dari pemerintah Pakistan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanani.

Ketegangan makin meningkat

Pakistan mengatakan serangan itu dilancarkan berdasarkan informasi intelijen mengenai kemungkinan terjadinya aktivitas teroris skala besar.

Pihak Pakistan juga menyatakan bahwa ada beberapa teroris yang terbunuh.

Pemerintah Pakistan menegaskan bahwa pihaknya menghormati kedaulatan Iran dan mengatakan tujuan utama serangan itu ialah untuk menjamin keamanan dan kepentingan nasional Pakistan sendiri.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan serangan Iran di Pakistan adalah respons terhadap serangan mematikan kelompok jihadis Jaish al-Adl (Tentara Kehakiman) baru-baru ini di republik Islam tersebut.

Dibentuk pada 2012, Jaish al-Adl masuk daftar hitam oleh Iran sebagai kelompok teroris dan telah melakukan beberapa serangan di wilayah Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: 33 Drone dan 2 Rudal Rusia Serang Ukraina, 1 Lansia Tewas

Pakistan mengecam serangan Iran di dekat perbatasan mereka, menarik duta besarnya dari Iran dan menghalangi utusan Iran untuk kembali ke Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com