Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepertiga Orang Dewasa AS Anggap Kemenangan Biden di Pilpres 2020 Tidak Sah

Kompas.com - 03/01/2024, 15:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Lebih dari sepertiga orang dewasa AS percaya bahwa Joe Biden tidak terpilih secara sah sebagai presiden pada tahun 2020, menurut sebuah jajak pendapat baru.

Menurut Washington Post dan University of Maryland, 62 persen orang dewasa Amerika mengatakan mereka percaya bahwa kemenangan Biden adalah sah, turun dari 69 persen dalam jajak pendapat yang sama pada Desember 2021.

36 persen mengatakan mereka tidak menerima kemenangan Biden.

Baca juga: KALEIDOSKOP INTERNASIONAL NOVEMBER 2023: Jokowi Bertemu Biden | Heboh Pengungsi Rohingya Datang

Dilansir dari Guardian, minggu ini merupakan peringatan ketiga dari serangan mematikan pada 6 Januari di Kongres, yang dipicu oleh Donald Trump dalam upayanya untuk membalikkan kekalahannya dari Biden pada tahun sebelumnya.

Sembilan kematian telah dikaitkan dengan serangan tersebut, termasuk bunuh diri penegak hukum.

Lebih dari seribu orang telah didakwa dan ratusan orang dihukum terkait kerusuhan tersebut, beberapa di antaranya atas tuduhan menghasut.

Trump dimakzulkan karena menghasut pemberontakan, namun dibebaskan karena cukup banyak anggota Senat dari Partai Republik yang tetap setia.

Colorado dan Maine telah bergerak untuk melarang Trump mengikuti pemungutan suara di bawah pasal tiga amandemen ke-14 konstitusi AS, sebuah langkah yang dimaksudkan untuk mencegah para pemberontak mencalonkan diri sebagai pejabat negara bagian atau nasional.

Trump diperkirakan akan mengajukan banding.

Trump mendominasi jajak pendapat untuk nominasi Partai Republik tahun ini. Dia berhasil mempertahankan kebohongannya bahwa kemenangan Biden adalah hasil dari kecurangan pemilu.

Dia juga menggunakan empat dakwaan subversi pemilu kriminal federal dan 13 negara bagian (di samping 74 dakwaan kriminal lainnya dan berbagai macam ancaman perdata) untuk memotivasi para pendukungnya.

Baca juga: Joe Biden Ampuni Ribuan Orang yang Dihukum karena Kepemilikan Ganja

Melaporkan jajak pendapatnya, Post mengatakan bahwa di antara anggota Partai Republik, hanya 31 persen yang mengatakan bahwa kemenangan Biden sah, turun dari 39 persen pada tahun 2021.

Jajak pendapat tersebut juga menunjukkan bahwa anggota Partai Republik menjadi lebih bersimpati pada para perusuh 6 Januari dan lebih cenderung membebaskan Trump dari tanggung jawab atas serangan tersebut.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Tentara Israel Temukan Terowongan Hamas | Mobil Pengawal Joe Biden Ditabrak

Menganalisis jajak pendapat tersebut, Aaron Blake, seorang reporter politik senior untuk The Post, mengatakan sebagian besar menunjukkan bahwa pesan Trump selama pemilu 2020 dan 6 Januari menjangkau para pemilih yang cenderung mempercayainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com