Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas Tembakkan 16 Roket dari Lebanon ke Israel

Kompas.com - 07/11/2023, 16:01 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

HAIFA, KOMPAS.com - Kelompok sayap bersenjata Hamas, Brigade Ezzedine Al Qassam, pada Senin (6/11/2023) menembakkan 16 roket dari Lebanon ke Israel, menargetkan kota pesisir Haifa.

Brigade Ezzedine Al Qassam mengatakan, serangan ini terjadi untuk membalas pendudukan Israel dan agresi mereka terhadap rakyat di Jalur Gaza.

Sementara itu, tentara Israel melaporkan sekitar 30 proyektil ditembakkan ke Israel utara dari Lebanon, kemudian mereka menembak balik ke arah peluncurannya.

Baca juga: Negara yang Dukung dan Kecam Serangan Israel ke Gaza

Pada Senin malam, kantor berita Pemerintah Lebanon melaporkan serangan udara dan tembakan artileri Israel di selatan negara itu.

Serangan ini terjadi sehari setelah Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas mengumumkan, jumlah korban tewas di daerah kantong tersebut sudah melampaui 10.000 selama sebulan perang.

Adapun Israel menyebutkan, lebih dari 1.400 orang--sebagian besar warga sipil--tewas di Israel yang mayoritas terjadi saat serangan pertama Hamas pada 7 Oktober 2023.

Hamas bersekutu dengan kelompok Hezbollah di Lebanon yang didukung Iran. Beberapa anggota Hamas ada di Lebanon selatan dan sebelumnya mengeklaim serangan terhadap Israel dari sana.

Sesaat sebelum peluncuran roket diumumkan, pemimpin Hamas di Lebanon yaitu Osama Hamdan dalam konferensi pers menyatakan, kelompoknya tidak akan mengizinkan pemerintahan boneka dipasang di Gaza.

Baca juga:

“Bagi mereka yang berpikir Hamas akan lenyap, Hamas akan tetap tertanam dalam hati nurani rakyat kami, dan tidak ada kekuatan di dunia yang dapat memusnahkan atau meminggirkannya,” katanya, dikutip dari kantor berita AFP.

Ketegangan meningkat di perbatasan Israel-Lebanon, yang secara teknis masih dalam keadaan perang, sejak pertempuran Hamas vs Israel terbaru pecah pada 7 Oktober 2023. Hezbollah dan Israel kini kerap bertukar serangan.

Namun, ini adalah kali pertama dalam perang tersebut ada kelompok di Lebanon yang mengeklaim menyerang lokasi jauh dari perbatasan.

Kota pelabuhan Haifa di Israel terletak sekitar 50 kilometer dari Lebanon.

Sejak 7 Oktober 2023, menurut hitungan AFP setidaknya 83 orang tewas di pihak Lebanon dalam bentrokan lintas batas termasuk 11 warga sipil, sedangkan enam tentara dan dua warga sipil tewas di pihak Israel.

Baca juga: Korban Tewas di Gaza Capai 10.022 Orang, Cukup Sudah, Hentikan Perang...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com