Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Jadi Penawar Tunggal Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Kompas.com - 01/11/2023, 15:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

RIYADH, KOMPAS.com - Arab Saudi adalah satu-satunya asosiasi sepak bola yang mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034 sebelum tenggat waktu ditutup, kata badan sepak bola dunia itu pada Selasa (31/10/2023).

FIFA telah mengundang penawaran dari Asia dan Oseania untuk turnamen tersebut pada 31 Oktober. Arab Saudi mengumumkan akan mengajukan penawaran hanya beberapa menit setelah pengumuman pada 4 Oktober.

Australia mengatakan bahwa mereka tidak akan mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah turnamen, meninggalkan Arab Saudi sebagai satu-satunya kandidat.

Baca juga: FIFA Menjadwal Ulang Semua Pertandingan Timnas Israel

"Seperti yang ditetapkan dalam Peraturan Penawaran yang disetujui oleh Dewan FIFA, administrasi FIFA akan melakukan proses penawaran dan evaluasi menyeluruh untuk Piala Dunia FIFA edisi 2030 dan 2034, dengan tuan rumah yang akan ditunjuk oleh Kongres FIFA yang diharapkan akan berlangsung pada kuartal IV 2024," kata FIFA, dilansir dari Reuters.

Presiden FA Arab Saudi Yasser Al Misehal mengatakan federasi berkomitmen penuh untuk memenuhi semua persyaratan FIFA untuk mendapatkan hak menjadi tuan rumah Piala Dunia.

"Semua anggota keluarga sepak bola Saudi melakukan yang terbaik untuk mencapai impian pria dan wanita Saudi untuk menyaksikan Piala Dunia di Kerajaan untuk pertama kalinya," katanya di platform media sosial X.

"Kami percaya pada kekuatan besar sepak bola untuk menginspirasi generasi masa depan dan kami berharap Piala Dunia 2034 berkontribusi pada pengembangan permainan di seluruh dunia," tambahnya.

Baca juga: Buntut Cium Pemain Wanita, FIFA Skors Presiden Bola Spanyol

FIFA juga mengkonfirmasi bahwa satu-satunya konfirmasi ketertarikan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 datang dari Maroko, Portugal dan Spanyol dengan Uruguay, Argentina dan Paraguay yang akan menjadi tuan rumah pertandingan perayaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com