Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zelenskiy Tiba di Spanyol, Siap Temui Pimpinan Eropa

Kompas.com - 05/10/2023, 19:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

MADRID, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tiba di kota Granada, Spanyol, untuk mengambil bagian dalam KTT Komunitas Politik Eropa.

Itu adalah sebuah forum untuk membina kerja sama di antara lebih dari 40 negara yang dibentuk setelah invasi Rusia.

Para pemimpin Eropa yang berkumpul di Granada diharapkan dapat meyakinkan Zelenskiy akan dukungan jangka panjang.

Baca juga: Biden Jabat Tangan Zelensky, Yakinkan AS Akan Terus di Pihak Ukraina

Apalagi, Presiden AS Joe Biden menyuarakan kekhawatiran bahwa pertikaian Partai Republik di Kongres dapat merusak kebijakan Amerika dalam melanjutkan bantuan ke Kyiv.

"Tujuan bersama kami adalah untuk memastikan keamanan dan stabilitas rumah Eropa kita bersama," kata Zelenskiy di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

"Kami bekerja sama dengan para mitra untuk meningkatkan arsitektur keamanan Eropa, khususnya keamanan regional. Ukraina memiliki proposal substansial dalam hal ini."

"Kami akan memberikan perhatian khusus pada wilayah Laut Hitam serta upaya bersama kami untuk memperkuat ketahanan pangan global dan kebebasan navigasi," tambahnya, seperti dikutip dari Reuters.

Rusia menarik diri dari kesepakatan pada bulan Juli yang memungkinkan Ukraina untuk mengirimkan produk makanan dengan aman melalui Laut Hitam, yang secara tradisional merupakan koridor ekspor utama Kyiv.

Ukraina menanggapi dengan mendirikan koridor kemanusiaan, sementara untuk kapal kargo, dan beberapa kapal telah meninggalkan pelabuhan Laut Hitam Ukraina sejak saat itu.

"Prioritas utama Ukraina, terutama menjelang musim dingin, adalah memperkuat pertahanan udara. Kami telah meletakkan dasar untuk perjanjian baru dengan para mitra dan menantikan persetujuan dan pelaksanaannya," tambah Zelensky.

Baca juga: Zelensky Tagih Janji Trump untuk Akhiri Perang di Ukraina dalam 24 Jam

Ia tidak memberikan rincian lebih lanjut, namun Ukraina, yang sangat bergantung pada sekutu-sekutu Baratnya untuk persenjataan, khawatir Rusia akan melancarkan gelombang serangan udara baru terhadap fasilitas-fasilitas energi pada musim dingin ini.

Baca juga: Di Majelis Umum PBB, Zelensky Minta Rusia Hentikan Perang

"Ini seharusnya menjadi hari yang produktif bagi Ukraina dan Eropa secara keseluruhan," tambah Zelensky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com