Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Bedah Terkecil di Dunia, Seukuran Sebutir Garam

Kompas.com - 17/09/2023, 13:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber NDTV

 WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Teknologi telah maju hingga perangkat yang dulunya besar dan tidak praktis kini dapat dibawa dengan ujung jari.

Miniaturisasi teknologi ini memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia, khususnya di bidang medis.

Sebuah gambar yang baru-baru ini menjadi viral di internet menunjukkan sebuah kamera mungil berukuran hanya 0,575 x 0,575, setara dengan ukuran sebutir garam.

Baca juga: Sebelum 1979, Perempuan Pakai Rok Mini dan Tidak Berjilbab Umum di Iran

Dilansir dari NDTV, sensor gambar ini telah memicu banyak rasa ingin tahu di kalangan pengguna media sosial karena merupakan kemajuan signifikan dalam teknologi
miniaturisasi.

Menurut rilis berita, perangkat tersebut dikenal sebagai OV6948, yang dibuat oleh OmniVision Technologies yang berbasis di AS.

Ini adalah pemenang Rekor Dunia Guinness untuk "Sensor Gambar Terkecil yang Tersedia Secara Komersial" dengan ukurannya 0,575 mm x 0,575 mm.

OmniVision mengembangkan pencitra medis inovatif ini untuk memenuhi permintaan pasar akan penurunan tingkat invasi dan akses anatomi yang lebih dalam.

Selain itu, alat pencitraan ini dapat mengatasi banyak tantangan yang ditimbulkan oleh peralatan pencitraan medis yang dapat digunakan kembali, termasuk risiko kontaminasi silang dan inefisiensi karena tingginya biaya pemeliharaan.

“Di Yole Developpement (Yole), kami memperkirakan pengiriman endoskopi sekali pakai akan tumbuh pada CAGR 35,9 persen selama lima tahun ke depan,” tegas Marjorie Villien, PhD, analis teknologi dan pasar, pencitraan medis dan industri.

“Industri ini saat ini didorong oleh rekomendasi terbaru dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) terkait masalah kontaminasi silang akibat pembersihan endoskopi yang tidak tepat. Dalam konteks ini, semua OEM endoskopi besar sedang mengembangkan produk berukuran kecil dan hemat biaya endoskopi sekali pakai berdiameter dengan kualitas gambar tinggi," tambahnya.

Baca juga: Ibu di AS Mengaku Jadi Korban Salah Tangkap gara-gara Kamera Pengenal Wajah

Pengembang mengklaim bahwa OVM6948 adalah satu-satunya kamera chip on tip ultra-kecil dengan penerangan bagian belakang.

Ini memberikan kualitas gambar luar biasa dan kinerja cahaya rendah yang lebih baik untuk membantu mengurangi panas LED, serta meningkatkan sensitivitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com