Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Kecewa Xi Jinping Tak Hadir di KTT G20 India

Kompas.com - 04/09/2023, 12:25 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Minggu (3/9/2023) kecewa karena Presiden China Xi Jinping tidak akan hadir di KTT G20 India pekan ini.

Saat ditanya tentang Xi yang dilaporkan tidak berencana hadir di New Delhi, Biden menjawab kepada wartawan, "Saya kecewa, tapi saya akan bertemu dengannya," tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Hubungan bilateral antara AS dan China menghadapi banyak masalah, mulai dari perselisihan dagang, masa depan Taiwan, hingga konflik Laut China Selatan.

Baca juga: Xi Jinping Kemungkinan Tak Ikut Pertemuan G20 India, Hindari Biden?

AS berupaya memulihkan hubungan yang lebih efektif dengan mengirimkan sejumlah pejabat senior ke China dalam beberapa bulan terakhir, meskipun terjadi perselisihan terus menerus.

Pada Kamis (31/8/2023), seorang pejabat senior Uni Eropa mengatakan bahwa Xi tidak akan hadir di KTT G20 dan diwakilkan oleh Perdana Menteri China Li Qiang.

Baca juga:

Xi dan Perdana Menteri India Narendra Modi berbicara tatap muka yang jarang terjadi dalam KTT BRICS di Afrika Selatan bulan lalu, tetapi ketegangan tetap tinggi antara kedua negara raksasa Asia tersebut.

Hubungan antara dua negara terpadat di dunia ini berada dalam kondisi sangat buruk sejak bentrokan perbatasan Himalaya yang menewaskan 20 tentara India dan setidaknya empat tentara China pada tahun 2020.

Baca juga: Absen di Bali, Putin Akan Hadiri KTT G20 di New Delhi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com