Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tenggelam Selama 142 Tahun, Bangkai Kapal Ini Ditemukan Hampir Utuh

Kompas.com - 03/09/2023, 17:03 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

CHICAGO, KOMPAS.com - Bangkai kapal Trinidad yang tenggelam selama 142 tahun ditemukan hampir utuh di Danau Michigan, Amerika Serikat (AS), oleh dua sejarawan Wisconsin yaitu Brendon Baillod dan Bob Jaeck.

“Bangkai kapal tersebut merupakan salah satu yang paling terawat di perairan Wisconsin dengan geladaknya masih utuh, berisi barang-barang awak kapal dan jangkar serta perlengkapannya masih ada,” kata mereka, dikutip dari New York Post pada Sabtu (2/9/2023).

Kapal Trinidad tenggelam di danau pada 1881. Baillod dan Jaeck menemukannya pada Juli 2023 menggunakan catatan orang-orang yang selamat dan catatan sejarah, dibantu sonar untuk mengetahui lokasi kapal.

Baca juga: Bangkai Kapal Perang Ditemukan di Perairan Pulau Nusakambangan, Diduga Karam pada Perang Dunia II

Meskipun telah dimakan waktu, kondisi bangkai kapal tersebut hampir utuh. Kemudinya ditemukan di dasar laut tanpa ada yang hilang.

Bagian utama perahu masih utuh meski tiangnya terlepas. Di geladak hanya tersisa sedikit bagian atapnya, tetapi sebagian besar struktur utamanya masih bagus.

Kapal setinggi 42 meter ini utamanya digunakan untuk perdagangan biji-bijian antara Milwaukee, Chicago, dan Oswego di New York.

Perjalanan terakhirnya adalah pada 11 Mei 1881, saat Trinidad membawa batu bara ke Milwaukee dan mengalami kebocoran di kanal Sturgeon Bay.

Kapal itu tenggelam di lepas pantai Algoma berisi semua harta benda awak kapal dan anjing peliharaan kapten Newfoundland, menurut rilis berita.

Baca juga:

Kesembilan penumpang termasuk kaptennya selamat. Mereka mendayung delapan jam dengan perahu ke pantai.

Baillod dan Jaeck memulai pencarian Trinidad--yang dibangun di New York pada 1867--sejak dua tahun lalu.

Ia mulai tertarik dengan bangkai kapal Trinidad saat membangun database semua bangkai kapal yang diketahui di perairan Wisconsin.

Baca juga: Mengapung di Lautan, Bangkai Kapal Misterius Asal Indonesia Ini Bikin Bingung Penduduk Australia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com