Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Kendala Teknis Lalu Lintas Udara Inggris, Ganggu Penerbangan Berhari-hari

Kompas.com - 30/08/2023, 20:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

LONDON, KOMPAS.com - Pemerintah Inggris bekerja sama dengan maskapai penerbangan pada Selasa (29/8/2023) untuk membantu memastikan penumpang yang terdampar di bandara di seluruh Eropa dapat pulang.

Mereka terjebak di bandara setelah kesalahan kontrol lalu lintas udara, menyebabkan gangguan luas pada penerbangan yang diperkirakan berlangsung selama berhari-hari.

Lebih dari 1.500 penerbangan dibatalkan pada hari Senin (28/8/2023), hari libur umum di beberapa bagian Inggris, dan salah satu hari perjalanan tersibuk menjelang liburan sekolah.

Baca juga: Pesawat Israel Mendarat Darurat di Arab Saudi meski Tak Ada Hubungan Diplomatik

Pengontrol lalu lintas udara terpaksa beralih ke sistem manual karena masalah teknis.

Hal ini menyebabkan ribuan penumpang terjebak di bandara-bandara di Eropa dan tempat-tempat lain.

“Kami terjebak di bandara selama sekitar tujuh atau delapan jam kemarin. Kami berada di tempat yang tinggi dan kering,” kata Maria Ball, seorang wisatawan dari Liverpool, di barat laut Inggris, dilansir dari Guardian.

Dia mengatakan dia tiba di bandara Charles De Gaulle di Paris, akhirnya mendapatkan penerbangan ke Edinburgh, dan kemudian harus menempuh perjalanan empat jam dengan mobil sewaan untuk pulang ke rumah ketika dia mendarat.

Martin Rolfe, CEO Layanan Lalu Lintas Udara Nasional Inggris (NATS), meminta maaf atas kegagalan teknis.

Dia mengatakan penyelidikan awal terhadap masalah tersebut menunjukkan bahwa masalah tersebut berkaitan dengan beberapa data penerbangan yang diterimanya.

“Sistem kami, baik primer maupun cadangan, merespons dengan menangguhkan pemrosesan otomatis untuk memastikan bahwa tidak ada informasi terkait keselamatan yang salah yang dapat disampaikan kepada pengontrol lalu lintas udara,” kata Rolfe.

Baca juga: Bandara Rusia Diserang Drone, Pesawat-pesawat Rusak

Mark Harper, sekretaris transportasi, memperingatkan bahwa akan memakan waktu berhari-hari untuk menyelesaikan masalah tersebut, meskipun kesalahan tersebut telah diperbaiki setelah beberapa jam pada hari Senin.

Pembatalan tersebut mengganggu jadwal maskapai penerbangan, yang berarti pesawat dan kru tidak berada di tempatnya.

Perdana Menteri Rishi Sunak mengatakan dia memahami masyarakat yang frustrasi.

“Menteri Transportasi terus berdialog dengan seluruh pelaku industri,” kata Sunak. “Dia akan berbicara dengan maskapai penerbangan secara khusus hari ini dan memastikan bahwa mereka mendukung penumpang untuk pulang secepat mungkin.”

Baca juga: Rusia Resmi Mengonfirmasi Yevgeny Prigozhin Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Harper memimpin pertemuan pada hari Selasa dengan NATS, Otoritas Penerbangan Sipil (CAA), maskapai penerbangan, bandara, badan perdagangan dan Pasukan Perbatasan.

Dia mengatakan pemerintah akan meninjau laporan dari NATS dalam beberapa hari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com