Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upacara HUT Ke-78 RI, Paskibra KBRI Doha Libatkan Anak Berkebutuhan Khusus

Kompas.com - 17/08/2023, 20:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

DOHA, KOMPAS.com - Upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 RI di Qatar dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2023 pukul 06.30 pagi waktu setempat.

Cuaca yang terik dan suhu yang bisa mencapai 45 derajat ketika siang, membuat upacara di Qatar dilaksanakan lebih pagi.

Upacara diikuti oleh seluruh unsur staf KBRI Doha, keluarga dan perwakilan masyarakat dengan total peserta mencapai 100 orang.

Baca juga: Presiden AS Joe Biden Beri Pesan ke Jokowi Saat HUT Ke-78 RI

Seperti dikutip dari rilis KBRI Doha yang diterima Kompas.com Kamis (17/8/2023), upacara diawali dengan pengibaran bendera merah putih yang dilakukan oleh Paskibra KBRI Doha.

Yang menarik, salah satu anggota Paskibra KBRI Doha tahun ini adalah siswa berkebutuhan khusus.

Perjalanan Paskibra KBRI Doha sendiri terbilang unik karena mereka direkrut dari para siswa Indonesia yang lahir dan besar di Qatar serta nyaris tidak dapat berbahasa Indonesia sama sekali.

“Namun dengan dedikasi yang luar biasa, anak-anak ini terus berlatih sehingga dapat mengibarkan bendera merah putih dengan baik,” tutur Dubes Ridwan Hassan.

Kels Mohammed Toriq yang bersekolah di HOPE Center menyatakan kegembiraannya dapat bergabung sebagai anggota Paskibra KBRI Doha.

“Saya bangga menjadi bagian dari Tim yang luar biasa ini," kata Toriq remaja berusia 16 tahun.

Tidak hanya bergabung dalam Paskibra, sebagian anak-anak berkebutuhan khusus dari Indonesia di Qatar juga bergabung dalam Paduan Suara KBRI Doha yang dikenal dengan nama Bahana Indonesia Gemilang (BIG) Choir.

Baca juga: Ucapan Selamat HUT Ke-78 RI dari Joe Biden untuk Jokowi

Kelompok BIG Choir ini sudah seringkali diundang Pemerintah Qatar untuk tampil dalam berbagai event di Qatar.

Terakhir mereka tampil dalam ajang fanzone Piala Dunia 2022.

“Keterlibatan anak-anak berkebutuhan khusus di Paskibra dan Paduan Suara juga untuk mengirim pesan bahwa kemerdekaan hendaknya membuat kita dapat bersikap inklusif kepada semua anak bangsa,” kata Dubes Ridwan Hassan.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT RI di Qatar sendiri sudah berlangsung sejak tanggal 25 Juli dengan penyelenggaraan lomba bowling bagi staf KBRI dan masyarakat.

Baca juga: Covid-19 Surut, KBRI Singapura Kembali Gelar Resepsi Diplomatik HUT RI

Sementara puncak perayaan HUT RI akan diselenggarakan di Al Khor, salah satu kota di Qatar pada tanggal 8 September dengan menampilkan turnamen olahraga, bazaar dan apresiasi seni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com