Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tambahkan Norwegia dalam Daftar Negara Tidak Ramah Diplomat

Kompas.com - 04/08/2023, 11:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia telah menambahkan Norwegia ke dalam daftar negara asing yang telah melakukan tindakan tidak bersahabat terhadap misi diplomatik Rusia, demikian laporan sejumlah kantor berita pada hari Kamis (3/8/2023).

Negara-negara yang masuk dalam daftar tersebut dibatasi jumlah staf lokal yang dapat mereka pekerjakan di Rusia, dan Norwegia dibatasi hingga 27 orang, kata kantor berita negara RIA Novosti.

Norwegia mengusir 15 diplomat Rusia atas tuduhan mata-mata pada bulan April, dan Rusia menanggapi dengan mengusir 10 diplomat Norwegia.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-526 Serangan Rusia ke Ukraina: 40.000 Ton Biji-bijian Ukraina Dirusak Rusia | Tuduhan Terbaru Zelensky ke Putin

Dilansir dari Reuters, Norwegia mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk mengeklaim bahwa mereka telah berperilaku tidak bersahabat dengan Rusia, yang berbatasan dengan Norwegia di Kutub Utara.

"Situasi hari ini adalah hasil dari perang Rusia terhadap Ukraina. Rusia sendiri dapat memilih untuk mengakhiri perang," kata Menteri Luar Negeri Norwegia Anniken Huitfeldt.

"Sebagai negara tetangga, kami berdua memiliki kepentingan dalam hubungan diplomatik yang berfungsi dan jalur-jalur kontak, tidak terkecuali di saat-saat sulit," kata Huitfeldt.

Juru bicara kementerian luar negeri Norwegia secara terpisah mengatakan bahwa Norwegia belum menerima pemberitahuan resmi dari Moskwa.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Drone Rusia Gempur Odessa | PM Kanada Berpisah dengan Istri

Mereka juga menolak untuk mengomentari konsekuensi spesifik apa pun dari keputusan Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com