Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Generasi Pertama Terjual 380 Kali Lipat dari Harga Aslinya

Kompas.com - 19/07/2023, 18:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Sebuah iPhone generasi pertama telah terjual dalam sebuah lelang dengan harga 190.373 dollar AS atau Rp 2,8 miliar, hampir 380 kali lipat dari harga aslinya, yaitu 499 dollar AS, saat perangkat inovatif ini dijual pada tahun 2007.

LCG Auctions, yang menyelenggarakan penjualan pada hari Minggu (16/7/2023), mengatakan bahwa model iPhone 4GB 20 kali lebih langka daripada model 8GB yang dirilis pada saat yang sama dengan harga 599 dollar AS.

Hal ini sebagian besar karena model 4GB dihentikan penjualannya dua bulan setelah peluncurannya karena pelanggan lebih memilih ukuran memori yang lebih besar.

Baca juga: AS Dituding Retas Ribuan iPhone di Rusia

"Sebuah rekor baru telah ditetapkan pada Minggu malam," ujar Mark Montero, pendiri LCG Auctions, dilansir dari Associated Press.

"Kami sangat senang menjadi bagian dari pemecahan rekor penjualan yang fantastis ini," tambahnya.

Ini adalah iPhone orisinal ketiga yang terjual dengan harga rekor di pelelangan dalam satu tahun terakhir.

Model 8GB terjual seharga 63.356 dollar AS pada bulan Februari dan model 8GB lainnya terjual seharga 39.340 dollar AS pada bulan Oktober 2022.

Semuanya disegel pabrik dalam kemasan aslinya.

iPhone adalah salah satu produk elektronik paling sukses di dunia dan membantu menjadikan Apple sebagai perusahaan publik pertama dengan nilai pasar 3 triliun dollar AS.

Baca juga: Ancaman Spyware Baru Israel Disebut Bisa Tembus Keamanan iPhone

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, ini mencapai tonggak sejarah tersebut 16 tahun setelah iPhone pertama kali dijual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com