Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Bunuh diri dan Pembunuhan Anak Muda AS Melonjak di Awal Pandemi

Kompas.com - 15/06/2023, 17:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

NEW YORK CITY, KOMPAS.com - Tingkat pembunuhan untuk remaja AS yang lebih tua naik ke titik tertinggi dalam hampir 25 tahun selama pandemi Covid-19.

Tingkat bunuh diri untuk orang dewasa di awal usia 20-an di AS juga jadi yang terburuk dalam lebih dari 50 tahun terakhir.

Laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS memeriksa tingkat pembunuhan dan bunuh diri di antara anak usia 10 hingga 24 tahun dari tahun 2001 hingga 2021.

Baca juga: Kim Jong Un Larang Warganya Bunuh Diri, Respons Kasus yang Kian Meroket

Ada tingkat peningkatan mengkhawatirkan dan mencerminkan krisis kesehatan mental di kalangan anak muda.

Dilansir dari Guardian, Dr Steven Woolf, peneliti Virginia Commonwealth University yang mempelajari tren kematian di AS dan tidak terlibat dalam laporan CDC, mengusulkan perubahan kebijakan.

Para ahli mengutip beberapa kemungkinan alasan kenaikan tersebut, termasuk tingkat depresi yang lebih tinggi, terbatasnya ketersediaan layanan kesehatan mental dan jumlah senjata di rumah AS.

Senjata digunakan dalam 54 persen kasus bunuh diri dan 93 persen pembunuhan di antara kelompok usia pada tahun 2021, tahun terakhir statistik tersedia.

“Bayangkan seorang remaja duduk di kamar tidurnya merasa putus asa dan membuat keputusan, secara impulsif, untuk mengambil nyawanya sendiri,” kata Woolf. "Jika mereka memiliki akses ke senjata, permainan berakhir."

Bunuh diri dan pembunuhan adalah penyebab utama kematian kedua dan ketiga untuk usia 10 hingga 24 tahun.

Setelahnya ada kategori kematian karena kecelakaan yang mencakup kecelakaan kendaraan bermotor, jatuh, tenggelam, dan overdosis.

Baca juga: Turkiye Ungkap Rincian Tewasnya Pemimpin ISIS yang Bunuh Diri

Peneliti lain telah mengelompokkan data berdasarkan metode kematian, dan menyimpulkan bahwa senjata kini menjadi pembunuh terbesar anak-anak AS.

Awal tahun ini, Woolf dan peneliti lain yang melihat data CDC mencatat peningkatan dramatis dalam angka kematian anak dan remaja secara keseluruhan pada awal pandemi, dan menemukan bahwa bunuh diri dan pembunuhan adalah faktor penting.

Laporan itu juga menemukan tingkat kematian akibat bunuh diri dan pembunuhan tetap jauh lebih tinggi pada remaja yang lebih tua dan dewasa muda daripada pada anak usia 10 hingga 14 tahun.

Baca juga: Taliban Bunuh Dalang Bom Bunuh Diri di Bandara Kabul

Pada tahun 2021, ada sekitar 2.900 kasus bunuh diri pada remaja berusia 10 hingga 19 tahun, dan 4.200 pada remaja berusia 20 hingga 24 tahun.

Sekitar 3.000 kematian akibat pembunuhan dilaporkan pada kelompok yang lebih muda, dan hampir 3.900 pada orang dewasa di awal usia 20-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com