Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Jatuhkan 6 Rudal Hipersonik Rusia dalam Semalam

Kompas.com - 16/05/2023, 21:04 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Ukraina pada Selasa (16/5/2023) mengatakan, pihaknya menjatuhkan enam rudal hipersonik Rusia dalam semalam.

Penjatuhan rudal-rudal itu dilakukan saat Rusia melancarkan rentetan serangan rudal dan drone.

“Kesuksesan lain yang luar biasa untuk Angkatan Udara Ukraina! Tadi malam, pasukan pertahanan udara kami menembak jatuh ENAM rudal hipersonik Kinzhal Rusia dan 12 rudal lainnya,” kata Menteri Pertahanan Oleksiy Reznikov dalam bahasa Inggris di Twitter.

Baca juga: Jawaban Zelensky Saat Ditanya Apakah Ukraina Akan Serang Wilayah Rusia

Lebih dari seminggu sebelumnya, Ukraina menjatuhkan rudal hipersonik Kinzhal Rusia untuk kali pertama menggunakan sistem senjata dari Amerika Serikat.

Ukraina pada Selasa pagi juga mengungkapkan, mereka menghancurkan semua 18 rudal dan sembilan drone yang diluncurkan Rusia semalam.

Presiden Rusia Vladimir Putin, yang memperkenalkan rudal Kinzhal pada 2018, menggambarkan senjatanya itu ideal dan sangat sulit dicegat.

Adapun Ukraina terus mengimbau para sekutunya untuk membantu memperkuat pertahanan udara saat Rusia menggempur negara itu selama musim dingin.

Baca juga:

Kyiv kemudian menerima sistem pertahanan udara Patriot AS pertamanya pada pertengahan April 2023, yang katanya digunakan untuk menjatuhkan rudal Kinzhal pertama.

Pernyataan pada Selasa tidak mengungkapkan senjata apa yang digunakan Ukraina untuk menembak jatuh Kinzhal.

Beberapa puing jatuh di sejumlah distrik Kota Kyiv, termasuk di kebun binatang dan melukai tiga orang, kata Wali Kota Vitali Klitschko.

Baca juga: Seluk Beluk Rudal Hipersonik, Senjata Terkini Rusia dalam Konflik Ukraina, Sehebat Apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com