Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Centang Biru Twitter Sempat Hilang karena Tak Bayar, dari Oprah hingga Paus Fransiskus

Kompas.com - 21/04/2023, 16:16 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Twitter mulai menepati janjinya pada hari Kamis (20/4/2023) untuk menghapus centang biru dari akun yang tidak membayar biaya bulanan.

Twitter memiliki sekitar 300.000 pengguna terverifikasi di bawah sistem pemeriksaan centang biru asli.

Banyak dari mereka adalah jurnalis, atlet, dan tokoh masyarakat.

Baca juga: Radio Publik Swedia Nonaktifkan Twitter, Imbas Label Elon Musk

Centang biru, yang menunjukkan bahwa akun tersebut diverifikasi oleh Twitter, mulai menghilang dari profil pengguna di pagi hari Waktu Pasifik.

Dilansir dari Associated Press, pengguna terkenal yang kehilangan centang biru mereka pada Kamis termasuk Beyonce, Paus Fransiskus, Oprah Winfrey, dan mantan Presiden Donald Trump.

Biaya mempertahankan centang biru berkisar dari 8 dollar AS per bulan untuk pengguna web individual hingga harga awal 1.000 dollar AS per bulan untuk memverifikasi organisasi, ditambah 50 dollar AS per bulan untuk setiap akun afiliasi atau karyawan.

Twitter tidak memverifikasi akun individual, seperti halnya dengan cek biru sebelumnya yang dibagikan selama administrasi pra-Musk platform.

Pengguna selebritas, dari bintang bola basket LeBron James hingga penulis Stephen King dan William Shatner dari Star Trek, telah menolak untuk bergabung.

Ini meskipun pada hari Kamis, ketiganya memiliki centang biru yang menunjukkan bahwa akun tersebut membayar untuk verifikasi.

King, misalnya, mengatakan dia belum membayar.

Baca juga: Elon Musk Tak Tahu Mengapa Twitter India Hapus Cuitan Dokumenter Modi

“Akun Twitter menyebut saya telah berlangganan Twitter Blue. Padahal belum. Akun Twitter saya mengatakan saya telah memberikan nomor telepon. Saya belum melakukannya," Tweet King Kamis.

Dalam balasan untuk tweet King, Musk mengatakan "namaste" dan di tweet lain dia mengatakan dia mengaku membayari beberapa orang secara pribadi.

Baca juga: Elon Musk Disebut Segera Lengkapi Twitter dengan AI

Musk kemudian mencuit hanya membayar untuk King, Shatner dan James.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com