Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jutaan Dollar AS Terkumpul di London untuk Dukung ICC Adili Putin

Kompas.com - 21/03/2023, 19:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah konferensi internasional di London mengumpulkan 4 juta pound (4,9 juta dollar AS) untuk mendukung Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) dalam penyelidikannya atas dugaan kejahatan perang di Ukraina dan pekerjaannya untuk meminta pertanggungjawaban Rusia.

Menteri kehakiman dari lebih dari 40 negara bertemu di London untuk konferensi kejahatan perang beberapa hari setelah pengadilan global mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

Mereka menuduhnya bertanggung jawab secara pribadi dalam penculikan anak-anak dari Ukraina.

Baca juga: Perbandingan Kunjungan Jokowi dan Xi Jinping ke Rusia Temui Putin

Dilansir dari AP, langkah pekan adalah pertama kalinya pengadilan mengeluarkan surat perintah terhadap pemimpin salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

“Kami berbagi keyakinan bahwa Presiden Putin dan kepemimpinan yang lebih luas harus dimintai pertanggungjawaban,” kata Menteri Kehakiman Inggris dan Wakil Perdana Menteri Dominic Raab saat membuka pertemuan.

“Mari kita pastikan bahwa kita mendukung kata-kata kita dengan perbuatan, bahwa kita mendukung dukungan moral kita dengan cara praktis untuk menyelidiki kejahatan mengerikan ini secara efektif,” tambahnya.

Karim Khan, jaksa penuntut Pengadilan Kriminal Internasional, mengatakan surat perintah untuk Putin bukanlah momen kemenangan, tetapi kesempatan nan suram.

Inu mengingatkan dunia bahwa tindakan internasional bersama adalah kunci untuk memberikan keadilan bagi Ukraina.

“Jika saat ini kita tidak berpegang teguh pada hukum, jika kita tidak melihat diri kita sendiri dan bertanya bagaimana kita bisa berbuat lebih baik … kita tidak hanya akan kehilangan kesempatan tetapi kita mungkin tidak memiliki kesempatan lebih lanjut,” kata Khan.

Konferensi hari Senin (20/3/2023) mengumpulkan dana internasional tambahan untuk ICC, serta tawaran sumber daya lain dari negara-negara Eropa termasuk dukungan investigasi dan keahlian forensik, kata Raab.

Baca juga: Putin Selalu Sediakan Es Krim Rusia untuk Xi Jinping, Kremlin Jelaskan Alasanya

Pengadilan global juga mengeluarkan surat perintah penangkapan Maria Lvova-Belova, komisaris Hak Anak di Kantor Presiden Federasi Rusia.

Andriy Kostin, jaksa agung Ukraina, menggambarkan penculikan dan pengangkutan ribuan anak Ukraina ke Rusia untuk diadopsi dan dibesarkan sebagai orang Rusia sebagai bagian dari rencana yang jelas oleh Rusia untuk menghancurkan Ukraina dan identitas Ukraina.

Kantornya telah meluncurkan penyelidikan atas lebih dari 72.000 insiden kejahatan perang di negaranya, katanya, seraya menambahkan bahwa tidak ada satu hari pun berlalu tanpa kekejaman yang meluas dan sistemik yang dilakukan di daerah pemukiman terhadap warga sipil.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-390 Serangan Rusia ke Ukraina: Xi Jinping Temui Putin, Rusia Balas ICC

Meskipun fokus konferensi adalah untuk mendukung pekerjaan ICC, Kostin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga mengajukan petisi untuk dukungan internasional bagi pembentukan pengadilan internasional khusus untuk menyelidiki dan mengadili para pemimpin Rusia atas kejahatan agresi yang lebih luas.

Dalam pesan video pra-rekaman yang ditayangkan di akhir konferensi, Zelensky mengatakan kepada para peserta bahwa pengadilan baru akan melengkapi ICC dan secara signifikan memperkuat keadilan internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com