Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Antony Blinken Tegaskan Dukungan AS terhadap Kepemimpinan Indonesia di ASEAN

Kompas.com - 17/02/2023, 16:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Ketika berbicara dengan Menlu RI Retno Marsudi pada Kamis (16/2/2023), Menlu AS Antony Blinken menegaskan kembali dukungan Amerika Serikat terhadap kepemimpinan Indonesia di ASEAN.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Ned Price, menyebut Menlu Blinken juga telah menegaskan kembali dukungan AS terhadap peran Indonesia sebagai koordinator diaglog AS-ASEAN.

Dia menyampaikan, Menlu Blinken dan Menlu Retno telah membahas prioritas ASEAN- Indonesia untuk tahun 2023, termasuk pendekatan ASEAN dalam mengatasi krisis di Myanmar serta langkah selanjutnya untuk proses aksesi Timor-Leste ke ASEAN.

Baca juga: Menlu AS Antony Blinken Sampaikan Keprihatinan atas KUHP Baru Indonesia

"Menlu Blinken menekankan peran ASEAN dalam membentuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka dan menyoroti kerja sama dengan ASEAN sebagai sarana untuk mencapai kemakmuran dan keamanan," jelas dia, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com dari Kedubes AS di Indonesia pada Jumat (17/2/2023).

Ned Price menambahkan, Menlu Blinken dan Menlu Retno juga sempat membahas Kemitraan Strategis AS-Indonesia, sejumlah inisiatif baru di bawah Kemitraan untuk Infrastruktur dan Investasi Global (Partnership for Global Infrastructure and Investment/PGII), serta partisipasi Indonesia dalam Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity/IPEF).

Di samping itu, Menlu Blinken dikatakan telah menyampaikan keprihatinan AS terkait ketentuan-ketentuan tertentu dalam undang-undang hukum pidana (KUHP baru Indonesia, serta memuji kepemimpinan Indonesia dalam isu pendidikan perempuan dan anak perempuan di Afghanistan.

Baca juga: Blinken ke Rusia di G20 Bali: Biarkan Biji-bijian Keluar dari Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com