Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cristiano Ronaldo Tiba di Al Nassr, Disambut Reklame Besar Sepanjang Jalan

Kompas.com - 03/01/2023, 21:27 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

RIYADH, KOMPAS.com - Cristiano Ronaldo tiba di Arab Saudi pada Selasa (3/1/2022) untuk bergabung dengan klub Al Nassr. Ia disambut ribuan penggemar dan papan reklame besar di sepanjang jalan Riyadh.

Pada hari yang sejuk dan basah di ibu kota Arab Saudi, papan reklame bertuliskan "Hala (selamat datang) Ronaldo" memasang foto sang pemain dengan seragam biru-kuning Al Nassr. Gambar itu menghiasi jalan-jalan utama.

Mobil polisi dan pos pemeriksaan bandara dijaga ketat ketika Ronaldo tiba pada larut malam, kemudian dibawa ke hotel bintang lima di pusat kota.

Baca juga: Ambisi Sepak Bola Arab Saudi: Ingin Beli MU dan Liverpool, Tertarik Boyong Ronaldo dan Messi

"Dia membawa banyak asisten dan bahkan agen keamanan swasta," kata seorang pejabat klub yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, dikutip dari kantor berita AFP.

Kegembiraan sangat tinggi atas kedatangan Ronaldo, pemain paling terkenal yang bermain Arab Saudi, Teluk, atau negara mana pun di konfederasi Asia.

Para penggemar mengantre di jalanan untuk membeli jersey Al Nassr bertuliskan Ronaldo di punggung dengan nomor tujuh khasnya.

Akun Instagram Al Nassr juga mendapat jutaan followers baru setelah resminya perekrutan CR7 diumumkan.

Papan reklame menyambut kedatangan Cristiano Ronaldo untuk klub Al Nassr dipajang di sepanjang jalan Riyadh, ibu kota Arab Saudi, Selasa (3/1/2023).AFP/FAYEZ NURELDINE Papan reklame menyambut kedatangan Cristiano Ronaldo untuk klub Al Nassr dipajang di sepanjang jalan Riyadh, ibu kota Arab Saudi, Selasa (3/1/2023).
"Asia belum pernah melihat yang seperti ini," kata sebuah kolom di surat kabar Gulf News asal Uni Emirat Arab.

"Ke mana pun dia pergi dia dijamin mendapat perhatian, dan kalaupun hanya 10 persen pengikutnya yang tertarik dengan langkah terbarunya, Liga Pro Saudi akan menjadi salah satu yang terbanyak ditonton di sepak bola dunia," tambahnya.

Baca juga:

Kedatangan Ronaldo di Arab Saudi terjadi seiring kucuran dana besar negara tersebut ke sektor olahraga termasuk golf, tinju, tenis, F1, dan sepak bola termasuk akuisisi klub Newcastle United di Liga Inggris.

Arab Saudi, yang dipimpin oleh penguasa de facto Putra Mahkota Mohammed bin Salman--seusia Ronaldo 37 tahun--akan menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Winter Games mendatang, serta Piala Asia sepak bola pria dan wanita.

Menteri Olahraga Arab Saudi pada Agustus 2022 mengatakan kepada AFP, menjadi tuan rumah Olimpiade adalah tujuan akhir negaranya.

Arab Saudi juga mempertimbangkan tawaran menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030 bareng Mesir dan Yunani.

Baca juga: Sudah Antre 7 Jam, Mobil Mewah Cristiano Ronaldo Tidak Kebagian Bensin akibat Inggris Krisis BBM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com