Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Dituding Jalankan Kantor Polisi Rahasia di Jepang

Kompas.com - 22/12/2022, 22:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

TOKYO, KOMPAS.com – Pemerintah Jepang menyelidiki laporan yang menyebutkan China telah mendirikan kantor polisi rahasia di “Negeri Sakura”.

Sebelumnya, kelompok hak asasi Safeguard Defenders menerbitkan dua laporan sejak September yang menyatakan bahwa otoritas China mendirikan 102 kantor polisi di luar negeri di 53 negara, termasuk Jepang.

Safeguard Defenders merupakan kelompok hak asasi yang berfokus pada Asia yang berbasis di Spanyol, sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: China Disebut Dirikan Kantor Polisi Tak Resmi di Kota-kota AS, Terhubung dengan PKC

Dalam konferensi pers pada Kamis (22/12/2022), Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno ditanya mengenai kantor polisi rahasia di Jepang.

“Kami akan mengambil semua langkah yang diperlukan saat kami mengklarifikasi situasinya,” kata Matsuno.

Matsuno menuturkan, Jepang telah memberi tahu pihak berwenang China bahwa aktivitas apa pun yang melanggar kedaulatan Jepang akan tidak dapat diterima.

Laporan Safeguard Defenders menuduh bahwa kepolisian China menggunakan kantor polisi rahasia untuk menargetkan warga negara China yang tinggal di luar negeri.

Baca juga: China Diminta Tutup Kantor Polisi di Belanda

Kantor polisi rahasia tersebut juga berfungsi untuk menekan beberapa orang China pulang kampung untuk menghadapi tuntutan pidana.

China membantah laporan Safeguard Defenders. Pada Kamis, Kementerian Luar Negeri China membantah bahwa kantor polisi semacam itu ada.

Beijing mengatakan, yang ada hanyalah fasilitas-fasilitas yang dikelola sukarelawan untuk membantu warganya memperbarui dokumen dan menawarkan layanan lain yang terganggu selama pandemi Covid-19.

“China selalu berpegang pada prinsip tidak mencampuri urusan dalam negeri negara asing, secara ketat mematuhi hukum internasional dan menghormati kedaulatan yudisial masing-masing negara,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning.

“Yang disebut kantor polisi luar negeri China sama sekali tidak ada,” tambah Mao.

Baca juga: Kanada Selidiki Kantor Polisi Ilegal China di Toronto

Safeguard Defenders mengatakan dalam laporannya pada September bahwa kepolisian di Kota Fuzhou di China telah mendirikan "stasiun layanan" di Tokyo.

Kelompok tersebut mengindikasikan dalam laporan tindak lanjut bahwa kepolisian di Nantong, China, memiliki kantor serupa di suatu tempat di Jepang.

Pihak berwenang Korea Selatan juga sedang menyelidiki dugaan kegiatan serupa, lapor kantor berita Yonhap dalam sebuah laporan.

Seorang Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Korea Selatan menolak untuk mengomentari langsung laporan mengenai kantor polisi rahasia China di negaranya.

“Kami sedang berkomunikasi dengan negara terkait untuk memastikan kegiatan lembaga asing di negara kami mematuhi hukum domestik dan norma internasional kami,” kata juru bicara tersebut.

Baca juga: 2 Kantor Polisi Ilegal China Muncul di Belanda, Ada Juga di Puluhan Negara Lain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com