Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bongkahan Es Besar Pecah di Danau Minnesota dengan 200 Pemancing di Atasnya

Kompas.com - 29/11/2022, 17:45 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

SAINT PAUL, KOMPAS.com - Penyelamatan darurat dilakukan untuk sekitar 200 orang pemancing setelah bongkahan es besar pecah di danau Minnesota.

Kantor sheriff setempat mengatakan orang-orang yang terapung-apung di Upper Red Lake di Minnesota utara sedang memancing ketika es pecah.

Diperkirakan 27 meter perairan terbuka mengelilingi para pemancing saat itu, menurut Kantor Sheriff Kabupaten Beltrami sebagaimana dilansir BBC pada Senin (28/11/2022).

Baca juga: Potongan Balok Es Besar dari Atap Gua Beku Argentina Jatuh Menimpa Turis, Korban Tewas di Tempat

Mereka menambahkan bahwa semua orang yang terdampar telah diselamatkan dengan selamat.

Insiden itu terjadi di lokasi pemancingan es yang populer di Minnesota, kata Adam Studniski, salah satu pemilik sebuah resor di daerah tersebut.

"Es di barat daya tiba-tiba bergeser, dan pecah di beberapa titik," katanya.

Kantor Sheriff Beltrami County mengatakan dalam siaran pers bahwa mereka menerima panggilan 911 dari orang-orang di gunung es sekitar pukul 11.34 waktu setempat.

Studniski mengatakan timnya bersama petugas bantuan tanggap darurat mengevakuasi pemancing menggunakan jembatan es memanfaatkan bagian sempit dari perairan terbuka.

Semua orang berhasil diselamatkan pada pukul 14.37, kata kantor sheriff.

Baca juga: Hujan Es Raksasa Berukuran hingga 10 Sentimeter di Spanyol Tewaskan Seorang Balita dan Cederai Puluhan Orang

Menurut Studniski, insiden seperti ini terjadi sesekali di danau sepanjang tahun ini, dan para pemancing tenang saat mereka dievakuasi.

"Bagian dari tugas kami adalah memantau dan melihat retakan, mengamati (es), dan memastikan kami memiliki jembatan yang siap saat dibutuhkan," kata Studniski.

Kantor sheriff memperingatkan dalam siaran persnya bahwa "es awal musim sangat tidak dapat diprediksi".

Untuk itu, pengunjung dihimbau untuk sangat berhati-hati saat menuju es dan sering memeriksa ketebalannya untuk memastikan jumlah es yang cukup.

Di Minnesota, Musim memancing di atas es dimulai segera setelah udara cukup dingin membentuk es yang keras dan tebal di danau.

Pedoman yang diunggah ulang oleh kantor sheriff di Facebook menyatakan bahwa ketebalan es harus lebih dari 10 sentimeter agar cukup aman bagi pemancing.

Baca juga: Gelombang Panas China, Warga Bawa Balok Es ke Kantor dan Ngadem di Bunker

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com