Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2022, 12:54 WIB

LONDON, KOMPAS.com – Seratusan perusahaan di Inggris dilaporkan telah memberlakukan kebijakan bekerja selama empat hari seminggu secara permanen untuk semua karyawan mereka tanpa pemotongan gaji.

Kebijakan ini dianggap sebagai sebuah tonggak penting dalam kampanye untuk secara fundamental mengubah pendekatan kerja di Inggris.

Dikutip dari The Guardian, Selasa (29/11/2022), ada sekitar 2.600 karyawan dari 100 perusahaan yang telah merasakan kebijakan ini.

Baca juga: PM Rishi Sunak: Era Keemasan Inggris-China Telah Berakhir

Jumlah ini memang baru sebagian kecil dari populasi pekerja Inggris, tetapi kelompok kampanye 4 hari kerja seminggu disebut berharap mereka-mereka ini akan menjadi pelopor perubahan besar.

Pendukung empat hari kerja seminggu mengatakan bahwa pola lima hari kerja adalah sisa dari era ekonomi sebelumnya.

Mereka berpendapat bahwa empat hari kerja seminggu akan mendorong perusahaan untuk meningkatkan produktivitas mereka, yang berarti mereka dapat menciptakan hasil yang sama dengan menggunakan jam kerja yang lebih sedikit.

Bagi beberapa pengadopsi awal, kebijakan tersebut juga telah terbukti menjadi cara yang berguna untuk menarik dan mempertahankan karyawan.

Dua perusahaan terbesar yang telah mendaftar adalah Atom Bank dan perusahaan pemasaran global Awin, yang masing-masing memiliki sekitar 450 staf di Inggris.

Mereka telah diakreditasi oleh kampanye empat hari kerja seminggu, yang berarti mereka telah menunjukkan bahwa telah benar-benar mengurangi jam kerja para pekerja daripada memaksa bekerja lebih lama.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga:

Adam Ross, chief executive Awin, mengatakan mengadopsi empat hari kerja dalam seminggu adalah salah satu inisiatif paling transformatif yang pernah mereka lihat dalam sejarah perusahaan.

“Selama satu setengah tahun terakhir, kami tidak hanya melihat peningkatan yang luar biasa dalam kesehatan dan kesejahteraan karyawan tetapi secara bersamaan, layanan dan hubungan pelanggan kami, serta hubungan dan retensi bakat juga mendapat manfaat,” jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+