Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Denmark Lucuti Gelar Kerajaan 4 Cucunya agar Hidup Lebih Normal

Kompas.com - 29/09/2022, 16:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KOPENHAGEN, KOMPAS.com - Ratu Denmark Margrethe II, satu-satunya ratu yang masih memerintah di Eropa dan bangsawan penguasa terlama di benua itu sekarang, pada Rabu (28/9/2022) melucuti gelar kerajaan empat dari delapan cucunya.

Pihak istana mengumumkan, alasan resminya adalah untuk mengizinkan empat anak dari putra bungsunya, Pangeran Joachim, untuk hidup lebih normal.

Ini mengikuti langkah serupa oleh keluarga kerajaan lain di Eropa untuk merampingkan monarki mereka.

Baca juga: Ratu Denmark Margrethe II jadi Ratu Pemimpin Terlama Eropa Usai Ratu Elizabeth II Wafat

"Mulai 1 Januari 2023, keturunan Yang Mulia Pangeran Joachim hanya akan dapat menggunakan gelar Count dan Countess of Monpezat mereka, tidak ada lagi gelar Pangeran dan Putri Denmark mereka sebelumnya," tulis istana kerajaan dikutip dari kantor berita AFP.

Pangeran Joachim (53) memiliki empat anak dari dua pernikahan yaitu Nikolai, Felix, Henrik dan Athena, dengan rentang usia 10 hingga 23 tahun.

"Dengan keputusannya, Yang Mulia Ratu ingin membuat kerangka kerja untuk keempat cucu, pada tingkat yang jauh lebih besar, agar dapat membentuk kehidupan mereka sendiri tanpa dibatasi pertimbangan dan kewajiban khusus yang berafiliasi formal dengan Royal House sebagai institusi," ujar istana.

"Keputusan ratu sejalan dengan perubahan serupa yang dilakukan oleh keluarga kerajaan lainnya dalam beberapa tahun terakhir dengan cara yang berbeda," tambahnya.

Baca juga: Profil Margrethe II, Ratu Denmark

Ibu dari dua putra tertua Pangeran Joachim mengatakan kepada media Denmark bahwa dia terkejut dengan keputusan itu.

"Ini keluar tiba-tiba. Anak-anak merasa dikucilkan. Mereka tidak mengerti mengapa identitas mereka diambil," kata Countess Alexandra kepada harian B.T..

Sementara itu, empat cucu ratu lainnya yang lahir dari Putra Mahkota Frederik (54) akan mempertahankan gelar mereka, tetapi ketika dewasa hanya calon raja yakni Pangeran Christian yang akan menerima appanage. Keputusan ini diambil pada 2016.

Baca juga: Pemakaman Shinzo Abe Lebih Mahal daripada Ratu Elizabeth II

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com