Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Andrew Dapat Dispensasi Boleh Pakai Seragam Militer Saat Jaga Peti Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 17/09/2022, 11:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Sky News

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran Andrew mendapat dispensasi boleh memakai seragam militer saat giliran menjaga peti mati Ratu Elizabeth II.

Dikutip dari Sky News pada Jumat (16/9/2022), Pangeran Andrew terlihat mengenakan seragam militer untuk kali pertama saat anak-anak Ratu Elizabeth II berkumpul di Westminster Hall guna menjaga peti mati sang mantan penguasa Kerajaan Inggris.

Dia mengenakan seragam wakil laksamana kehormatan di Angkatan Laut Kerajaan.

Baca juga: Profil Pangeran Andrew, Putra Ratu Elizabeth II yang Kerap Jadi Sumber Skandal Kerajaan Inggris

Pangeran Andrew bersama Raja Charles III, Putri Anne, dan Pangeran Edward menempati empat sisi catafalque (platform yang dinaikkan) untuk menjaga peti mati Ratu Elizabeth II.

Raja Charles berdiri di salah satu ujung peti mati Ratu dengan Pangeran Andrew di ujung lainnya, lalu Putri Anne dan Pangeran Edward ditempatkan di kedua sisinya.

Mereka tampak muram dan melaksanakan upacara dalam diam dengan kepala tertunduk.

Saat mereka perlahan berbaris untuk mengambil posisi, masyarakat yang memasuki gedung memberi hormat, berhenti, dan terdiam.

Pangeran Andrew sebelumnya dilarang memakai seragam militer saat acara-acara seremonial, karena harus melepas tugas kerajaan dan panggilan Yang Mulia terkait kasus pelecehan seksual yang menimpanya dan hubungannya dengan Jeffrey Epstein pelaku kejahatan seks di Amerika Serikat.

Baca juga:

Anggota keluarga Kerajaan Inggris lainnya termasuk Permaisuri, suami Putri Anne, dan Wakil Laksamana Sir Tim Laurence terlihat berdiri di balkon aula, menyaksikan acara jaga berlangsung.

Beberapa cucu Ratu juga hadir di sana, termasuk Putri Eugenie, Putri Beatrice, dan Zara Tindall yang ditemani suaminya yakni mantan pemain rugby Mike Tindall.

Puluhan ribu orang berkumpul di London untuk memberi penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II sebelum dimakamkan pada Senin (19/9/2022).

Baca juga: Tak Hanya Pangeran Andrew, Ini Bangsawan Inggris yang Telah Dilucuti Gelarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com