Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sipir Penjara Jual Kunci Sel, 28 Napi Wanita di AS jadi Korban Pelecehan Seksual

Kompas.com - 29/07/2022, 19:34 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

JEFFERSONVILLE, KOMPAS.com - Sebanyak 28 narapidana wanita di Kota Jeffersonville, negara bagian Indiana, Amerika Serikat (AS), menjadi korban pelecehan seksual setelah sipir penjara menjual kunci sel ke tahanan pria.

Dalam sepasang tuntutan hukum yang diajukan di Pengadilan Distrik AS, 28 napi wanita tersebut mengaku diserang tak lama selepas tengah malam pada 23 Oktober 2021 di penjara Clark County, Jeffersonville.

Para napi wanita tersebut menuduh sipir bernama David Lowe menjual kunci sel ke tahanan pria seharga 1.000 dollar AS (Rp 14,86 juta).

Baca juga: Perkosa Pekerja Indonesia, Politikus Malaysia Dihukum Cambuk dan Penjara

Mereka menambahkan, pelecehan seksual dilakukan sekitar dua jam oleh para tahanan pria yang mengenakan topeng dari handuk dan selimut. Meski ada CCTV, penjaga penjara tidak melakukan intervensi.

"Walaupun insiden itu melibatkan banyak tahanan pria dan puluhan korban dalam jangka waktu lama, tidak ada satu pun petugas penjara yang bertugas malam itu datang membantu para penggugat dan korban lainnya," bunyi salah satu tuntutan hukum yang dikutip kantor berita AFP, Jumat (29/7/2022).

"Kesalahan sistemik ini membuat banyak penyerang laki-laki untuk keluar dari penjara selama beberapa jam, mengakibatkan malam teror bagi para penggugat dan korban lainnya."

Kedua tuntutan hukum tersebut juga menuduh para napi pria melakukan pelecehan seksual, memperlihatkan alat kelamin, dan mengucapkan kata-kata seksual serta ancaman. Sebanyak dua dari para penggugat mengaku diperkosa.

Meskipun mereka adalah korban, sipir penjara justru menghukum para napi wanita tersebut dengan membiarkan lampu menyala selama 72 jam berturut-turut, menguncinya, dan menyita barang-barang pribadi, lanjut bunyi tuntutan hukum.

Baca juga:

Selain menyebut Lowe sebagai terdakwa, tuntutan hukum juga menuduh Sheriff Clark County Jamey Noel lalai karena gagal mencegah serangan.

"Dia bertanggung jawab mengawasi untuk memastikan para narapidana dilindungi dan tidak disalahgunakan," kata salah satu tuntutan hukum.

Sipir penjara David Lowe kepada The Washington Post mengeklaim, narapidana mencuri kunci sehingga bisa mengakses sel wanita. Dia mengaku baru mengetahui insiden itu beberapa hari kemudian.

Amerika Serikat adalah negara dengan populasi penjara terbesar di dunia, dengan lebih dari dua juta orang di balik jeruji besi.

Baca juga: 216.000 Korban Pelecehan Seksual terhadap Anak Ditemukan dalam Gereja Katolik Perancis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com