Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Pertahanan Israel Ucapkan Selamat Ramadhan ke Presiden Palestina

Kompas.com - 06/04/2022, 07:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

TEL AVIV, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz dilaporkan telah berbicara dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas melalui telepon pada Selasa (5/4/2022), pada kesempatan bulan suci Ramadhan.

"Menteri Gantz mengucapkan selamat bulan Ramadhan kepada Ketua (Otoritas Palestina) Abbas dan rakyat Palestina," kata pernyataan dari Kementerian Pertahanan Israel, dilansir dari Kantor Berita AFP.

"Ramadhan harus menjadi bulan damai dan tenang dan bukan periode yang ditandai dengan teror," kata Gantz kepada Abbas, menurut pernyataan itu, merujuk pada serangan mematikan baru-baru ini di Israel.

Baca juga: Serangan Israel di Tepi Barat Tewaskan 3 Anggota Kelompok Militan Palestina

Pada Ramadhan tahun lalu, bentrokan yang berkobar antara pasukan Israel dan warga Palestina yang mengunjungi kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem timur menyebabkan konflik yang menghancurkan selama 11 hari antara Israel dan penguasa Islam di Jalur Gaza, Hamas.

"Israel siap untuk memperluas tindakan sipil selama dan setelah bulan Ramadhan, sesuai dengan situasi keamanan," tambah Gantz.

Pernyataan itu tidak merinci langkah-langkah yang akan memengaruhi warga Palestina.

Dia juga memberikan "penghargaan" atas komentar Abbas tentang serangan di kota Bnei Brak dekat Tel Aviv akhir bulan lalu.

Presiden Palestina diketahui telah mengeluarkan kecaman yang jarang terjadi atas serangan 29 Maret di mana lima orang tewas setelah seorang warga Palestina melepaskan tembakan ke orang yang lewat.

Abbas mengatakan bahwa pembunuhan itu hanya akan menyebabkan memburuknya situasi, padahal semua pihak sedang berjuang untuk stabilitas.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Shalat Jumat di Yerusalem Berlalu Tanpa Bentrokan, Israel Tetap Siagakan Pasukan

Sebanyak 11 orang tewas dalam serangan di Israel sejak 22 Maret, termasuk beberapa yang dilakukan oleh penyerang yang terkait atau terinspirasi oleh kelompok Negara Islam (IS).

Selama periode yang sama, delapan warga Palestina tewas, menurut penghitungan AFP, termasuk dua penyerang dalam serangan anti-Israel dan enam orang yang dikatakan Israel telah melakukan serangan atau akan melakukannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com