Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-33 Serangan Rusia ke Ukraina, Netralitas Zelensky, Perundingan Macet

Kompas.com - 29/03/2022, 06:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Pada hari ke-33 Rusia invasi Ukraina, Senin (28/3/2022), Presiden Volodymyr Zelensky mempelajari netralitas di tengah macetnya perundingan damai.

Sementara itu, terjadi kebakaran di dekat Chernobyl dan kekhawatiran Rusia bakal memecah Ukraina menjadi dua, seperti Korea Utara dan Korea Selatan.

Invasi Rusia ke Ukraina pada hari itu juga turut mendapat simpati dari Hollywood, yang mengheningkan cipta sebelum memulai gelaran Piala Oscar 2022.

Baca juga: 4 Insiden Tamparan yang Hebohkan Dunia, Ada Will Smith dan Presiden Perancis

Rangkuman perang Rusia vs Ukraina pada hari ke-33 dapat Anda baca di bawah ini.

1. Zelensky pelajari netralitas

Dalam foto yang disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berpidato untuk negara di Kyiv, Ukraina, Senin (7/3/2022) malam. KANTOR KEPRESIDENAN UKRAINA via AP PHOTO Dalam foto yang disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berpidato untuk negara di Kyiv, Ukraina, Senin (7/3/2022) malam.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, negosiator Kyiv sedang mempelajari permintaan Rusia untuk netralitas Ukraina yang sebelumnya ditolak oleh Kyiv.

Berbicara menjelang pembicaraan damai antara Ukraina dan Rusia di Turki, Zelensky berujar, "Poin negosiasi ini dapat dimengerti oleh saya dan sedang dibahas, sedang dipelajari dengan cermat."

Dia juga mengakui akan mustahil untuk mendorong Rusia keluar dari semua wilayah Ukraina, dan untuk melakukannya berarti Perang Dunia III.

2. Rusia: Tidak ada kemajuan dalam pembicaraan

Kremlin mengatakan, putaran pembicaraan sebelumnya hanya membuat sedikit kemajuan.

"Sejauh ini kami tidak dapat menyatakan pencapaian atau terobosan yang signifikan," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov sambil memuji fakta bahwa kedua pihak sedang mempersiapkan pembicaraan tatap muka pertama mereka dalam beberapa minggu.

3. Komentar Biden mengkhawatirkan

Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat berpidato di East Room Gedung Putih, Washington DC, Senin (24/1/2022).GETTY IMAGES NORTH AMERICA/ALEX WONG via AFP Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat berpidato di East Room Gedung Putih, Washington DC, Senin (24/1/2022).
Kremlin pada Senin (28/3/2022) mengatakan, deskripsi Presiden AS Joe Biden tentang Putin pada Sabtu (25/3/2022) sebagai tukang jagal yang tidak boleh tetap berkuasa adalah mengkhawatirkan.

"Kami akan terus memantau dengan cermat pernyataan presiden AS," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov tentang pernyataan tersebut.

Pernyataan Biden yang spontan telah banyak dikritik. Gedung Putih kemudian mengklarifikasi bahwa dia tidak menganjurkan perubahan rezim di Rusia.

Baca juga: Biden: Putin seperti Tukang Jagal, Tidak Boleh Tetap Berkuasa

4. Ukraina menghentikan evakuasi

Ukraina mengatakan, sedang menghentikan evakuasi warga sipil dari daerah yang dilanda perang karena takut akan serangan pasukan Rusia di koridor kemanusiaan.

Kementerian Luar Negeri Ukraina menggambarkan situasi di kota pelabuhan Mariupol, lokasi puluhan ribu warga sipil tetap dikepung oleh pasukan Rusia, sebagai bencana.

Perancis, Yunani, dan Turki berusaha mengatur evakuasi massal dari kota itu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com