Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Akan Menekan Rusia lewat KTT Eropa Utara, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 13/03/2022, 08:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson minggu depan akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak dengan para pemimpin dari negara-negara Nordik dan tetangga Baltik Rusia.

Sementara itu Norwegia menjadi tuan rumah salah satu latihan militer terbesar NATO sejak Perang Dingin.

Dilansir AFP, "Latihan Respon Dingin" akan melihat lebih dari 30.000 tentara dari 27 negara berlatih dalam suhu di bawah nol mulai Senin (14/3/2022).

Baca juga: Protes Invasi Rusia, Bar di Inggris Taruh Foto Putin di Toilet Pria

Johnson akan mengumpulkan para pemimpin dari Pasukan Ekspedisi Gabungan, sebuah koalisi 10 negara bagian yang berfokus pada keamanan di Eropa utara.

Setelah makan malam pada hari Senin di retret negaranya di Chequers, perdana menteri akan mengadakan pertemuan puncak negara-negara KTT Eropa Utara (JEF) di London pada hari Selasa (15/3/2022).

"Keamanan Eropa telah terguncang oleh serangan Rusia di Ukraina, dan bersama mitra, kami akan mengambil tindakan untuk memastikan kami muncul lebih kuat dan lebih bersatu dari sebelumnya," kata Johnson.

"Bersama-sama dengan mitra Laut Utara dan Baltik, kami harus memastikan kami tak terpengaruh campur tangan Rusia dan berdampak pada pasokan energi, ekonomi, dan nilai-nilai kami," tambahnya.

Baca juga: Selidiki Skandal PM Boris Johnson, Polisi Inggris Akan Hubungi 50-an Orang

JEF, yang didirikan pada 2012, terdiri dari anggota NATO Inggris, Denmark, Estonia, Islandia, Latvia, Lituania, Belanda, dan Norwegia, ditambah Finlandia dan Swedia yang bukan anggota.

Kelompok tersebut telah melakukan latihan militernya sendiri yang dipimpin Inggris di Laut Baltik.

Tujuannya demi menunjukkan "kebebasan bergerak" negara-negara JEF di zona strategis yang berdekatan dengan Rusia.

Baca juga: PM Inggris Boris Johnson Minta Maaf atas Skandal Pesta Partygate

Pada pertemuan puncak minggu ini, para pemimpin JEF diharapkan untuk menyetujui "program yang ditingkatkan" dari latihan di Kutub Utara, Atlantik Utara dan Laut Baltik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com