Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa Akan Kirim Senjata ke Ukraina untuk Lawan Rusia

Kompas.com - 27/02/2022, 22:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KIEV, KOMPAS.com - Para menteri luar negeri dari negara-negara Uni Eropa pada Minggu akan membahas bantuan untuk Ukraina menghadapi Rusia, seperti senjata dan bahan-bahan lainnya.

Hal tersebut disampaikan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell, sebagaimana dikutip dari AFP.

Dalam pertemuan darurat yang digelar melalui panggilan video, Uni Eropa juga membahas sanksi tambahan untuk Rusia yang diumumkan oleh kepala Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Baca juga: Pasukan Rusia Mendekat dari Semua Sisi, Ibu Kota Ukraina Siaga Tinggi

Sanksi-sanksi itu termasuk memotong bank-bank Rusia tertentu dari jaringan SWIFT global, mencabut kemampuan mereka untuk melakukan transfer lintas batas, dan memblokade akses bank sentral Rusia ke cadangannya.

"Diskusi hari ini oleh Menteri Luar Negeri Uni Eropa akan membuka jalan bagi adopsi cepat dari semua tindakan hukum yang diperlukan," kata pernyataan dari kantor Borrell.

Borrell "akan mengusulkan untuk memberi bantuan yang terdiri dari peralatan tempur, seperti amunisi, dan peralatan dan pasokan non-tempur kepada tentara Ukraina, seperti bahan bakar dan pasokan medis yang mendesak," katanya.

Pertemuan para menteri luar negeri akan dimulai pada 17.00 GMT. Borrell diperkirakan akan menggelar konferensi pers sesudahnya pada pukul 19.00 GMT.

Pertemuan akan didahului rapat darurat menteri dalam negeri Uni Eropa lainnya, yang diadakan secara langsung pukul 14.00 GMT di Brussels.

Mereka akan membahas tanggapan kemanusiaan Eropa terhadap konflik di Ukraina, terutama tentang menerima ratusan ribu pengungsi yang keluar dari negara itu untuk menghindari serangan Rusia.

Baca juga: Pasukan Rusia dan Ukraina Berebut Kharkiv, Jalanan Jadi Medan Perang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com